Loading...

RSU Pusat Ambon Siap di Bangun Januari 2018

AMBON, Malukuchannel.com - Rumah Sakit Umum (RSU) Pusat Ambon siap dibangun pada Januari 2018 karena dananya telah dianggarkan Kementerian Kesehatan.

Wagub Maluku,Zeth Sahuburua, sesuai rapat koordinasi dengan tim Kemenkes dipimpin Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutarjo, di Ambon, Selasa (01/08/2017), mengemukakan kesiapan ini setelah peninjauan ke lokasi pembangunan RSU Pusat di Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon.

"Tim Kemenkes berkunjung ke Ambon untuk mengevaluasi kesiapan Pemprov Maluku dalam rangka membangun RSU Pusat, terutama terkait lahan karena dananya telah disiapkan," ujarnya.

Pemprov Maluku memaparkan telah memetakan lahan seluas 9,4 hektare dengan tahap pertama siap dimanfaatkan seluas 4,6 hektare .

Kemenkes memprogramkan pembangunan RSU Pusat di Ambon (Maluku), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua.

Wagub mengakui RSU Pusat sebenarnya telah dibangun pada 2017. Namun, Pemprov Maluku lebih memprioritaskan penyediaan lahan secara tertanggung jawab sehingga tidak ada keberatan dari masyarakat di kemudian hari, terutama terkait hak ulayat atau adat.

"Syukurlah soal lahan tidak lagi menjadi masalah sehingga pada Januari 2018 RSU Pusat mulai dibangun secara bertahap sesuai kemampuan keuangan negara yang diprakirakan menyerap anggaran Rp540 miliar," tandasnya.

Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutarjo mengapresiasi hasil rapat koordinasi dengan Pemprov Maluku, terutama terkait kebutuhan lahan yang diprogramkan 10 hektare.

"Terpenting lahannya sudah dilihat sesuai kebutuhan, perencanannya sedang dirampungkan serta Amdal dan lainnya tinggal dilengkapi sehingga dijadwalkan awal 2018 RSU Pusat Ambon mulai dibangun," tegasnya. (Mc-G)
Kesehatan 1303314955118252267

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC