Loading...

Harga Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Ambon Bervariasi

AMBON, Malukuchannel.com - Harga jual hewan kurban baik sapi maupun kambing yang ditawarkan para penjual menjelang Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban 2017 di Kota Ambon, Maluku cukup bervariasi.

Berdasarkan pantauan, Senin (29/08/2017), di Kelurahan Pandang Kasturi, tepatnya di Jalan Jend. Sudirman, Desa Batumerah, para pedagang hewan kurban baik sapi maupun kambing memasang harga berbeda-beda, tergantung ukuran dan berat hewan kurban.

Untuk hewan sapi, para penjual mematok harga mulai dari Rp7 juta hingga Rp15 juta per ekor.

Munir, penjaga sekaligus penjual yang ditemui di lokasi penjualan, mengatakan harga sapi per ekor dipatok sesuai ukuran dan beratnya.

"Harga sapi memang sudah ditetapkan oleh pemilik sesuai dengan ukurannya, kalau sapi jenis pejantan yang sehat dan dipotong menghasilkan daging mencapai 140 kilogram maka dipatok seharga Rp14 juta/ekor, kalau berat 100 kilogram harganya Rp10 juta, sedangkan yang 70 kilogram harganya Rp7 juta," katanya.

Selain ukuran dan berat, umur sapi juga berpengaruh pada harga jualnya.

Ditanya ada berapa ternak sapi yang disiapkan untuk dijual menjelang hari raya kurban, Munir mengatakan yang ada sekarang ini di lokasi penampungan 30 ekor.

"Memang waktu didatangkan dari Desa Kobisonta, Kecamatan Wahai, Kabupaten Maluku Tengah, dan juga dari Bula, Kabupaten Seram Timur lebih dari 30 ekor, hanya saja ada yang sudah terjual. Ada juga yang sudah pesan tetapi belum mengambilnya," katanya.

Hewan kurban yang sudah dipesan diberi tanda.

Sedangkan kambing yang ditampung tidak jauh dari lokasi sapi dipatok harganya juga bervariasi, Rp2 juta hingga Rp2,5 juta/ekor.

Penjual kambing, Ridwan (40), menyatakan yang ada sekarang ini hanya 12 ekor dengan harga Rp2,2juta hingga Rp2,5 jura per ekor, memang awalnya ada yang mencapai harga Rp3 juta namun sudah habis terjual.

Dia menambahkan, ada beberapa lokasi di Kota Ambon yang dijadikan lokasi penampungan hewan kurban baik sapi maupun kambing.

"Harganya sama, kalaupun berbeda tidak seberapa, sebab sapi maupun kambing didatangkan dari luar Pulau Ambon," katanya. (Mc-G)
Ambon 6725833670881861216

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC