Loading...

Soal TPA, Bupati Malteng Diminta Evaluasi Kinerja Dinas Lingkungan Hidup

MASOHI, Malukuchannel.com - Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua, SH dan DPRD setempat diminta untuk mengevaluasi kinerja Dinas Lingkungan Hidup (LH) yang dipimpin oleh Harisa, SE. MAP, karena dinilai tidak mampu menangani permasalah sampah di Kota Masohi dan di TPA Masohi.

Permintaan itu datang dari Udin dan Burhan, warga masyarakat Masohi karena melihat pola penanganan sampah di Kota Masohi dan sekitarnya, hingga kini belum mengalami perubahan sehingga menjadi perbincangan masyarakat di daerah itu.

"Kami melihat penumpukan sampah di lokasi pasar Binaiya Masohi maupun di jalan umum seperti depan SD Negeri 5 Masohi, juga di beberapa tempat penampungan sampah yang menyisahkan bau busuk dan bau tak sedap sehingga bisa mencemarkan udarah disekitarnya,"kata Udin dan Burhan di Masohi, Jumat (21/07/2017).

Menurut mereka, bukan saja pada lokasi itu tetapi juga pada lokasi TPA sampah Masohi yang di bangun oleh Kementerian PUPR melalui Dinas PUPR Provinsi Maluku tahun 2016 lalu, yang sudah diserahkan kepada Pemda melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk dipergunakan sebaik mungkin, namun hingga kini TPA tersebut tidak digunakan untuk penampungan sampah.

Sampah yang diangkut oleh petugas sampah untuk di bawah ke lokasi TPA hanya di buang di luar TPA tepatnya di bahu jalan umum, sehingga dapat mengancam kehidupan masyarakat setempat.

Ketika wartawan media ini di Masohi melakukan investigasi ke lokasi TPA Kamis 20 Juli 2017, ditemukan banyak sampah yang hanya dibuang oleh petugas sampah pada bahu jalan.

"Ini membuktikan kalau kinerja Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan jajarannya hingga petugas sampah, tidak mampu untuk mengelola lokasi persampahan sesuai dengan apa yang diharapkan, padahal anggaran untuk pembangunan TPA tersebut mencapai miliaran rupiah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maluku Tengah Harisa, SE. MAP saat dihubungi media untuk dikonfirmasi namun tidak bisa ditemui, dengan alasan masih banyak kesibukan yang tidak bisa diganggu. (Mc-T)
Malteng 266234490279686240

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC