Loading...

KSOP Minta Pemilik Kapal Waspadai Cuaca Ekstrem

Ambon, Maluku Channel.com - Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon meminta para pemilik kapal untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Maluku.

Kepala KSOP Ambon Capt Barlet di Ambon, Selasa (13/6/2017) mengatakan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon telah mengeluarkan peringatan dini, sehingga pihaknya mengingatkan para pemilik kapal serta nahkoda terutama berukuran kecil untuk berlayar jika cuaca ekstrem.

"Memberangkatkan kapal kita harus memperhatikan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, jika BMKG menyatakan cuaca buruk kita akan meminta pihak pelayaran untuk menunda waktu keberangkatan hingga cuaca membaik," katanya.

Ia menjelaskan, sasaran pihaknya melarang kapal ukuran kecil dan berlayar harus mengikuti perkembangan cuaca yang dikeluarkan BMKG Ambon, Sedangkan untuk kapal besar seperti PELNI dan kapal Kargo tetap berlayar dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca.

"Bila cuaca dan kondisi laut tidak memungkinkan, maka diperingatkan agar jangan kapal diberangkatkan karena kita harus menjaga jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Capt Barlet meminta pemilik perusahaan untuk terus memantau kondisi laut, karena yang diangkut adalah manusia sehingga faktor keselamatan harus menjadi perhatian utama.

Selain itu para nelayan tradisional juga diimbau mewaspadai gelombang tinggi mencapai lima meter terutama di laut Arafura, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku pada beberapa hari kedepan.

Gelombang tinggi berbahaya bagi nelayan yang hendak menangkap ikan dengan armada tradisional di laut Arafura dan Aru, sedangkan gelombang mencapai 2,5 meter berpeluang terjadi di laut Banda, Seram maupun Buru.

"Kami minta para kepala desa atau raja untuk mengimbau para nelayan agar tidak melaut saat cuaca buruk, karena dapat membahayakan keselamatan para nelayan," tandasnya.

Pihaknya mengajak semua pihak yang menggunakan transportasi laut terutama masyarakat untuk sama-sama menciptakan keselamatan di laut terutama menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kami meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut jika tidak ada hal penting dalam kondisi cuaca buruk, karena bisa berdampak buruk terhadap keselamatan," ujarnya. (MC-G)
Aneka 4440085101478226915

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC