Loading...

Jelang HPN 2017 PT. PLN Jamin Pasokan Listrik

Ambon, Maluku Channel.com PT PLN Persero wilayah Maluku dan Maluku Utara (MMU) menjamin pasokan listrik di Pulau Ambon jelang pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 5 - 10 Februari 2017 di kota Ambon.

"Kami berupaya saat pelaksanaan HPN seluruh sistem jaringan dan pembangkit listrik di Ambon dalam kondisi aman sehingga kegiatan nasional tersebut dapat berjalan dengan lancar," kata Manager SDM dan Umum PLN MMU, Eddy Irawan di Ambon, Jumat (3/2/2017).

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan langsung terhadap kondisi kendaraan, peralatan serta tim di lapangan yang akan bertugas selama pelaksanaan HPN.

"Seluruh kondisi peralatan, kendaraan yang akan digunakan bahkan petugas kami di lapangan juga siap untuk mendukung serta mensukseskan kegiatan tersebut," katanya.

Selain itu pihaknya menyiapkan enam unit genset mobile yakni 2,5 KW satu unit, 100 KW tiga unit dan 40 KW satu unit di sejumlah titik kegiatan.

Menurut Eddy, sebanyak 64 petugas disiagakan di enam posko di kota Ambon yakni Bandara Pattimura, Lapangan Merdeka, lapangan Brimob Tantui, Baileo Oikumene, gedung Islamic center dan kediaman Gubernur Maluku.

"Kami berupaya agar tidak terjadi pemadaman akibat pemeliharaan jaringan, tetapi jika terjadi gangguan akibat cuaca seperti angin ribut, dan hewan kelelawar di jaringan hal tersebut sulit untuk dihindari. Tetapi prinsipnya kami berupaya maksimal agar tidak terjadi pemadaman listrik," tandasnya.

Penambahan mesin tersebut diharapkan dapat meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kota Ambon jelang pelaksanaan HPN.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah menambah tujuh unit mesin berkapasitas lima Mega Watt yang dipersiapkan di PLTD Poka dan ditargetkan tanggal 3 Februari mendatang sudah siap untuk dioperasikan.

"Kami juga berharap adanya partisipasi aktif dari masyarakat dan pemerintah daerah, untuk tetap menjaga keandalan sistem tersebut, mulai dari memperhatikan kebersihan jaringan listrik di sekitarnya serta menggunakan listrik sesuai kebutuhan," katanya.

Ditambahkannya, saat ini sistem kelistrikan di Kota Ambon dalam kondisi aman, daya Mampu di Kota Ambon sebesar 63 MW dengan Beban Puncak mencapai 57,27 MW, sehingga terdapat surplus atau cadangan daya sebesar 5,95 MW.

"Dengan adanya penambahan kapasitas dari ketujuh mesin tersebut, daya mampu di Kota Ambon nantinya dapat mencapai 68,22 MW dan terdapat cadangan daya/surplus 10, 95 MW," ucap Eddy Irawan. (MC)
HPN 2017 4944492728527755449

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC