Loading...

DPD KNPI-Pemprov Maluku Koordinasikan Penyelengara Jambore Pemuda Maritim

Ambon, Maluku Channel.com Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Maluku bekerja sama dengan pemerintah provinsi setempat, mengkoordinasikan penyelenggaraan Jambore Nasional Pemuda Maritim II yang dijadwalkan pada April 2017.

Koordinasi melalui pertemuan yang dipimpin Kepala Bappeda Maluku, Anthonius Sihaloho, di Ambon, Kamis (11/8/2016),  difokuskan memberikan kesempatan kepada DPD KNPI untuk memaparkan rencana kegiatan dan disikapi para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Ketua OKK DPD KNPI Maluku, Yasmin Kamsurya mengemukakan, jambore ini dilaksanakan di Kota Ambon, Banda (Maluku Tengah), dan Langgur (Maluku Tenggara).

"Waktu pastinya belum diputuskan. Namun, dijadwalkan pada April 2017 dengan diawali seminar di Ambon dengan nara sumber Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo," ujarnya.

Namun, sejumlah SKPD mengusulkan agar Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata, Arief Yahya serta Menkop dan UKM Puspayoga juga dihadirkan karena strategis dengan pengembangan potensi sumber daya alam (SDA) Maluku maupun modal usaha hingga pemasaran.

Yasmin berjanji untuk mengkoordinasikannya dengan DPP KNPI yang memiliki program tersebut.

"Strategis memang dengan perjuangan Maluku menjadi Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang belum direalisasikan pemerintah pusat maupun pengembangan usaha para nelayan yang membutuhkan modal usaha maupun sarana dan prasarana," katanya.

Peserta jambore juga dijadwalkan transit di Banda yang memiliki pesona wisata bahari terkenal di dunia, disamping sejarah/budaya, pertanian/perkebunan dan lainnya yang ternyata tidak termasuk salah satu dari 10 destinasi pariwisata di Tanah Air.

Yasmin menjelaskan puncak acara dijadwalkan di pantai Pasir Panjang di kabupaten Maluku Tenggara dengan menghadirkan Menpora, Imam Nahrawi, sebagai nara sumber saat seminar.

Menpora juga dijadwalkan diberi gelar adat dan menandatangani MoU dengan DPP KNPI untuk pengembangan sepakbola U - 15 tahun.

"Puncak jambore dilaksanakan ramah tamah sambil makan patita dan Gubernur Maluku diberi penghargaan sebagai Bapak Pemuda Maritim Indonesia," tandas Yasmin.

Kepala Bappeda Maluku, Anthonius Sihaloho mengarahkan DPD KNPI setempat agar memperhatikan berbagai masukan dari SKPD untuk nantinya dikoordinasikan dengan DPP KNPI.

"Kami mintakan rincian kegiatan maupun anggaran yang diperkitakan lebih dari dua miliar segera disampaikan agar bisa dipertimbangkan sesuai kemampuan keuangan daerah," tegasnya.

Jambore Pemuda Maritim pertama diselenggarakan di pantai Matras, Bangka Belitung pada 25-29 April 2016.
Daerah 6264034842222250841

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC