Loading...

Integrated Smart Infrastructur Development for Smart Cities

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Smart City merupakan sebuah konsep kota yang memanfaatkan Teknologi Informasi untuk mengintegrasikan seluruh Infrastruktur dan pelayanan dari Pemerintah kepada warga masyarakat.

Penerapan konsep Smart City dalam sebuah perencanaan kota ialah untuk mewujudkan Pembangunan berkelanjutan dengan meningkatkan layanan Masyarakat dengan mengintegrasikan beberapa Elemen yang ada di perkotaan seperti Pemerintahan, Ekonomi, Kualitas hidup, Lingkungan, Sumber Daya Manusia, dan Transportasi.

Smart City memberikan Jaminan untuk membuat semakin banyak kota di seluruh dunia memiliki pengelolaan yang cerdas dengan Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembangunan dan Pengelolaan Kota.

Hal ini mendorong Peran Aktif dan Partisipasi masyarakat dalam mengelola Kota sehingga terjadi lnteraksi yang lebih Dinamis dan Erat antara warga masyarakat dengan penyedia layanan, dalam hal ini adalah Pemerintah di setiap Negara.

Implementasi Smart City di Indonesia sendiri mengalami berbagai kendala, mulai dari Infrastruktur penunjang yang belum memadai, kesiapan Pemerintah setempat, hingga masyarakat sendiri yang belum mampu memanfaatkan Teknologi Digital secara maksimal.

Pernyataan tersebut dilontarkan Sekretaris Daerah Kota Tual, Ahmad Yani Renuat, S.Sos, M.Si saat diwawancarai Awak Media disela-sela kegiatan Webinar di Aula Kantor Walikota Tual, Rabu (01/12/2021).

Kegiatan Webinar yang mengusung Tema: "Integrated Smart Infrastructure Development for Smart Cities" ini diikuti oleh Kepala BKPSDM, Sekdis Kominfo, Sekdis Perhubungan, Kabag Kerjasama, serta OPD Teknis lainnya.

Webinar yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini diikuti oleh seluruh Pemerintah Daerah Baik Provinsi, Kabupaten maupun Kota Se-Indonesia. (MCS)
Tual 6899550901481330819

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC