Loading...

Dalam Tahun 2018, SPAM Maluku Kelola 19 Paket

AMBON, Malukuchannel.com - Dalam tahun 2018 Satuan Kerja (Satker) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), Dinas PUPR Provinsi Maluku mengelola 19 paket pekerjaan yang tersebar pada wilayah satu, dua dan tiga di Provinsi Maluku.

19 paket ditambah konsultan dengan pagu anggaran sekitar 64 Milyar itu tersebar di wilayah satu yaitu Kabupaten Maluku Tengah dan Buru, wilayah dua yaitu Seram Bagian Timur (SBT) dan wilayah tiga yaitu Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya.

"Tahun 2018 terjadi kenaikan anggaran 50 persen dari tahun 2017 lalu yaitu sebanyak 38 Milyar,"kata Kepala Satker SPAM Maluku, Lis Labobar, ST. M.Si di Ambon, Kamis (04/01/2018).

Menurut Labobar, tidak semua kabupaten/kota di Maluku yang kebagian proyek air minum dalam tahun 2018 karena dipengaruhi banyak faktor. Misalnya, Pemda setempat tidak menyediakan lahan serta kesiapan dokumen lainnya.

"Tahun ini volume pekerjaan sarana air minum di Maluku bertambah, baik dari sisi peningkatan maupun dari sisi optimalisasi. Kini sudah mulai tender dan kontraknya diperkirakan di mulai bulan Pebruari 2018,"katanya.

Masalah yang sering terjadi dalam pelaksanaan pekerjaan air minum adalah soal lahan masyarakat. Padahal masalah lahan menjadi tanggung jawab Pemda setempat.

"Untuk itu dihimbau agar Pemda kabupaten/kota segera menyelesaikan masalah lahan, sehingga tidak terjadi persoalan serupa dikemudian hari,"pintanya.

Diharapkan, kontraktor yang menangani pekerjaan air minum harus memiliki tenaga kerja yang bersertifikasi keahlian, sesuai amanat Undang-Undang Jasa Konstruksi. (MCG)
Daerah 2053008991314439061

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC