Loading...

Panwaslu Kota Tual Gelar Sosialisasi Pengawas Pemilu

TUAL, Malukuchannel.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tual menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu yang melibatkan Tokoh Adat, Tokoh Agama, Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Insan Pers pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018, di Restoran Pelangi, Senin (20/11/2017).

Ketua Panwaslu Kota Tual, M.Taher Jamco mengatakan, kegiatan sosialisasi pemilu sangat penting sebelum pelaksanaan pemilihan dilaksanakan, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran masyarakat dalam Pengawasan Pemilu.

"Setiap pemilu tidak terlepas dari pelanggaran, untuk itu kami mengundang stakeholder karena masing-masing memiliki peranya yang berbeda. Contohnya tokoh agama dan tokoh adat memiliki penanganan sendiri dalam sebuah masalah diantaranya dengan pendekatan kitab suci dan kearifan lokal atau adat setempat," terangnya

Selain itu, OKP merupakan agen perubahan yang memiliki wawasan yang kritis sehingga diharapkan bisa sebagai ujung tombak dalam memberikan kontribusi pikir dalam pelaksanaan pemilu dan juga Pers sebagai Pilar keempat dalam pembangunan daerah.

"Peran pers sangat dibutuhkan dalam rangka menyebarkan informasi terkait aturan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu," ucapnya.

Untuk itu, lanjut dia, Panwaslu tidak bisa berjalan sendiri tanpa semua pihak guna memastikan penanganan pelanggaran baik administrasi maupun pidana.

"Kita membutuhkan pengawasan yang komprehensif, untuk itu pada kegiatan sosialisasi ini panwaslu melibatkan semua stakholder dalam sosialisasi," tegasnya.

Dengan melibatkan semua stakeholder, dia berharap, pelaksanaan pemilu dapat maksimal sehingga bisa menghasilkan pemilu yang berkualitas.

"Sinergitas semua komponen sangat penting guna memastikan setiap proses dalam pemilihan agar berjalan baik" katanya.

Dia meminta agar semua stakeholder, bergandeng tangan dalam mendukung Panwaslu dalam tugas pengawasan dan masyarakat bisa mengawasi Panwaslu agar berkerja sesuai aturan yang berlaku. (Mc)
Tual 3652254819249683601

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC