Loading...

Potensi Pertanian Kabupaten Malteng Diharapkan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Masohi, Maluku Channel.com - Kepala Bagian (Kabag) Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Kabupaten Maluku Tengah "Asrad Slamat menjelaskan, Rabu (12/7/2017).

Dari dana APBN 2017 untuk Kabupaten Maluku Tengah mendapatkan bawang merah 50Ha, sedangkan untuk caberawit merah 40Ha. Dan untuk tanaman buah-buahan ditahun 2017 tidak dianggarkan dalam APBN.

Kebijakan Dinas Tanaman Pangan Hultikultura untuk tanaman buah-buahan seperti jeruk dan rambutan dialokaikan dalam APBD untuk kedua tanaman tersebut jumlah lahannya 20Ha. sedangkan untuk persiapan bagi calon-calon petani sudah kita siapkan.

"Selain itu kita sudah mengidentifikasi terhadap kondisi kelompok-kelompok taninya. sehingga ketua-ketua kelompok tani sudah melakukan persiapan untuk menjemput kegiatan tersebut yang pastinya dibulan Agustus-September sudah masuk pada musim tanam.

Identitas petani itu sudah kita adakan verifikasi maksudnya melihat kemampuan kelompok-kelompok tani tersebut bisah tanam berapa banyak kalau itu sudah ditentukan oleh ketua-ketua kelompok setelah itu baru kita dapat menentukan berapa banyak bantuan yang harus diberikan kepada petani.

Bawang merah dan cabai merah didistribusikan ke Kecamatan Amahai, Masohi, Leihitu, Leihitu Barat/tanjung tial, bawang merah. untuk kecamatan TNS-teluk Elpaputi bawang merah dan cabai merah.

Penyebaran bantuan dari dinas pertanian Kabupaten Maluku tengah untuk 18 kecamatan itu dilihat dari potensi pengembangan wilayah untuk 18 kecamatan APBN inikan kegiatannya besar jadi kita fokus di daerah-daerah yang sentara produksi seperti kota Masohi, Amahai, TNS, dan Teluk Elpaputi, Leihitu, Leihitu Barat.

Sedangkan untuk APBD bagi Kecamatan yang potensi pengembangannya kecil seperti Salahutu, Haruku, Banda.

"Sementara Kegiatan Dinas Pertanian Kabupaten Maluku Tengah untuk saat ini berada pada tahap pengiriman barang, oleh karena itu dipastikan realisasi penanamannya akan berlangsung pada bulan Agustus hingga september di tahun 2017.

Asrad slamat berharap, lewat kegiatan ini yang pertama, tidak terjadi inflasi harga komoditi-komoditi khusus tanaman bawang merah, dan cabaik merah, lanjudnya lewat kegiatan ini, kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, harapnya. (MC-ST)
Malteng 5531736832186204825

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC