Loading...

Inovasi Desa Kecamatan Teon Nila Serua Tahun 2019

Kegiatan Yang Telah Dilakukan Oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Teon Nila Serua
MALUKUCHANNELCOM - Teon Nila Serua (TNS) Merupakan Sala Satu Kecamatan di Timur Indonesia yang berada di kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Provinsi Maluku. yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah di Bumi Raja-Raja ini, Maluku terkandung kekayaan alam yang berlimpah sudah lima 5 pemerintah pusat anggarkan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat, kucuran anggaran dana desa di hitung dari luas wilayah jumlah penduduk dan angka kematian, namun  kesejahteraan masyarakat belum di jawab sepenuhnya.

Dengan adanya dana desa dan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa maka pemerintah membuat sebuah program,yang namanya adalah Program Inovasi desa, program ini sudah berjalan dari tahun 2017 dan dibawah direktorat jenderal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Di tahun 2019 kabupaten Maluku Tengah menetapakan surat keputusan lewat bupati tentang program inovasi desa dan pembentukan Tim Inovasi Desa di tingkat  Kecamatan, dengan adanya surat keputusan bupati Maluku tengah maka kecamatan Teon Nila Serua melalui Musyawarah antar Desa (MAD I) yang diwakili oleh raja-raja dan saniri Negeri se-kecamatan Teon Nila Serua, memilih dan menetapakan Tim Inovasi Desa melalui Surat Keputusan Camat Teon Nila Serua.

BURSA INOVASI DESA (BID).

BID pada tahun 2018 dilakukan di kabupaten dan pada tahun 2019 BID dilakukan di tingkat kecamatan yang dikelola oleh Tim Inovasi Desa, tujuan dari BID di kecamatan agar TPID lebih berperan aktif.

BID dilaksanakan di gedung KNPI Maluku Tengah,yang melibatkan Empat kecamatan
yang di namakan Cluster I pamahanunusa kegiatan BID cluster I pamahanunusa terdiri dari kecamatan Teon Nila Serua Kecamatan Amahai,kecamatan Teluk Elpaputih dan kecamatan seram utara barat pada tanggal  27 agustus 2019.

Tujuan dari bursa Inovasi Desa adalah mewujudkan nawacita,dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional,dan membangkitkan desa untuk mengreplikasi hal-hal yang berakitan dengan Inovasi.

BID diwakili oleh Raja-Raja dari Empat Kecamatan cluster pamahanunusa I dan Saniri Negeri. Kegiatan dalam bursa inovasi Desa menampilkan ide-ide kreatif yang lahir dan dapat berkembang di Desa. (D.L )

Mengolah Kelapa Terpadu Mengurangi Tingkat Pengangguran

Gagasan dari bapak balto Riupassa untuk membentuk kelompok usaha bersama pada tahun 2017 dengan merekrut 4 orang pemuda-pemudi Negeri wotay,gagasan tersebut hingga tahun 2019, karyawan yang sudah bekerja di kub Wotay Coconut  berjumlah  17 orang.

Produk Kub Wotay Coconut
"Petani kelapa di negeri wotay lebih banyak mengolah kelapa secara tradisional dalam bentuk kopra, atau menjual dalam bentuk butiran, kita bisa membuat suatu rencana kerja bagaimana mengoptimalkan ini semua dari hulu sampai hilir. mengolah buah kelapa serta turunanya menjadi VCO, Nata De Coco, Minyak Kelapa, Ice Cream, Body Better dan Handbody. adalah kreatif kami kub wotay coconut. yang paling utama produk-produk kelapa ini kita membutuhkan teknologi yang dapat membantu kami," ungkap Sumber BR.

Pejabat Negeri Wotay, Hermanto Lakotani, S.Sos
Ketua Kub Wotay Coconut, Balto Riupassa
Kami telah melihat keseriusan dari kub wotay coconut, sehingga tahun 2018 dalam musrenbang Negeri kami bersama masyarakat telah sepakat untuk memberikan bantuan dari dana desa sebesar seratus juta rupiah kepada kub wotay coconut, guna dari bantuan tersebut untuk memperluas bangunan produkasi, hingga tahun 2019 dari kub wotay coconut akan menyetor sebesar lima ratus ribu rupiah per bulan untuk menambah PAD," ungkap Pejabat Negeri Wotay.

Manfaat mengolah buah kelapa serta turunannya merupakan sala satu pendapatan yang memuaskan bagi kami, sehingga kebutuhan kami bisa terpenuhi,  soal gaji kami di bayar sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah per bulan. ( karyawan Eno. Lunmisay )

Jika anda tertarik dan ingin mengadopsi Inovasi mengolah buah kelapa serta turunanya.silakan call kami Kelompok Usaha Bersama Wotay Coconut.

- Informasi Kontak
- Hp. 082399738312

Sarana Olaraga Multi Fungsi Minat dan Bakat

Sarana Olaraga Mengoptimalkan Minat dan Bakat Pemuda Pemudi di Negeri Mesa

"Kami berharap tahun-tahun berikutnya pemerintah Negeri bisa memberikan bantuan yang lebih menunjang kebutuhan pemuda-pemudi yang ada di negeri kami yang berkaitan dengan lapangan futsal dan lapangan Volly ball, dengan adanya sarana prasarana penunjang kebutuhan pemuda maka saya yakin kedepan kenakalan pemuda yang di picu dari minuman keras mulai mengurang, hingga tahun ini perkembangan pemuda sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," ungkap Sumber Nik Maloky.

Pejabat Negeri Mesa, Hendrik Tanate, SH
Pemicu dari kenakalan sebagian pemuda di negeri Mesa disebabkan pemuda sering mengkonsumsi minuman keras yang berlebihan, sehingga kami dari pemerintah Negeri mengambil langka-langka untuk mengubah pola pikir pemuda di negeri kami. Untuk mengubah pola pikir pemuda maka kami  membangun lapangan Volly Ball dan  lapangan Futsal. Sampai saat ini dalam pantauan kami pemerintah Negeri, pemuda yang awalnya lebih focus pada minuman keras mulai mengurang, dengan di bangunnya sarana prasarana olaraga pemuda sering mengikuti kejuaraan Volly ball di tingkat kecamatan dan dalam menyongsong HUT RI kami juga membuka kegiatan olaraga yang melibatkan pemuda-pemudi ibu-ibu PKK dan anak-anak.sekolah dasar.

"Latar belakang tercetusnya ialah minat dan perhatian warga Negeri Mesa terhadap olaharaga cukup besar, tidak hanya kalangan  pemuda-pemudi namun juga ibu-ibu dan anak-anak, manfaat lahan kosong di rubah menjadi sarana olaraga, tahun 2017 dalam musrenbang negeri kami mengusulkan untuk dibangun lapangan volly ball dan pada tahun 2018 dalam musrenbang negeri kami menguslkan untuk pembangunan lapangan Futsal," ungkap Pejabat Negeri Mesa.

Sarana Olaraga Multifungsi
Jika Anda tertarik untuk  mengadopsi silakan Call kami

- Informasi Kontak
- Pemerintah Negeri
- Hendrik Tanate, SH
- Hp. 085271861100

Pemanfaatan Posyandu gratis Pelayanan 1000 Hari  kehidupan

Negeri Lesluru adalah sala satu Negeri yang berada di kecamaatn Teon Nila Serua kabupaten Maluku Tengah, pemanfaatan posyandu gratis yang dilakukan sebulan sekali memberikan dampak positif bagi ibu hamil dan balita.   

Pejabat Negeri Lesluru, N. Lakotani, S.Sos
"Dalam musrenbangdes tahun 2017 kami sudah merancang program penanggulan ibu hamil dan anak balita, kami bekerjasama dengan bidan desa dan kader posyandu  untuk menyepakati standar PMT dan obat-obatan lain bagi ibu hamil dan balita, kesehatan ibu hamil dan balita lebih penting apabila PMT dan obat-obatan bersumber dari  anggaran Dana Desa, Sosial yang terbangun secara kolektif memiliki dampak positif untuk mendorong kebijakan pembangunan manusia yang terarah untuk kepentingan 1000 hari kehidupan pada balita, posyandu ini dilaksanakan untuk  peningkatan kesehatan balita dan ibu hamil, kami sudah menyiapkan bahan-bahan sesuai dengan kebutuhan balita dan ibu hamil dan ditangani oleh kader posyandu, sampai saat ini tidak ada keluhan masyarakat terkait dengan pelayanan posyandu di Negeri kami," ungkap Pejabat Negeri Lesluru.

Bidan Desa, Eta Hetaria
Pelayanan posyandu di Negeri lesluru terbilang bagus di  karena pemerintah Negeri bekerjasama dengan puskesmas dan tujuan dari posyandu untuk memeriksa ibu hamil sedangkan untuk balita kita melakukan penimbangan agar kita bisa mengetahui berat badan dan tinggi badan balita, sala satu kegiatan posyandu ini adalah untuk mengcegah terjadinya stunting pada balita, antusias masyarakat  membawah anak-anak mereka untuk di periksa terbilang sangat baik, dari hasil pendataan kami setiap melakukan penimbangan kehadiran ibu hami dan balita sesuai dengan data-data sebelumnya (Bidan Desa E. Hetaria)

Jika Anda tertarik untuk  mengadopsi silakan Call kami

- Informasi Kontak 
- Pemerintah Negeri
- N. Lakotani. S.Sos
- Hp. 082239376065

Slider 1694497352512307322

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC