Loading...

Bupati Malteng Pimpin Upacara Hari Amal Bakti Ke-74 Kementrian Agama

Bupati Kab. Malteng, Hi. Abua Tuasikal,SH
MASOHI, Malukuchannel.com - Upacara Hari Amal Bakti Ke-74, di Pimpin Oleh Bupati Maluku Tengah, Hi. Abua Tuasikal,SH Selasa, (03/01/2020), yang bertempat di halaman Kantor Bupati Maluku tengah, Kota Masohi.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara, Bupati Maluku tengah. Abua Tuasikal,SH Wakil Bupati Maluku tengah. Marlatu L Leleury,SE Kepala Kemenag Maluku tengah. Hanafi Rumatiga, Sekda Malteng. Rakib Sahubawa, Danyon Yonif 731 Kabaresi Letkol Inf I Putu Witharsana Eka P, Dandem Pom XVII/2 Masohi Letkol Cpm Hendri Sirait, Wakapolres Maluku Tengah Kompol Dedy Dwitiya Putra, Kasdim 1502/Masohi Mayor Inf Adi Eka Jaya Saputra, Kasi Riksa Kejari Malteng Vektor Mailoa dan seluruh pimpinan OPD dilingkup Pemda Malteng, serta seluruh Kepala Sekolah, para Guru dalam lingkup Kementrian Agama Kabupaten Maluku tengah.

Bupati Maluku tengah. Tuasikal Abua, dalam menyampaikan pesan Mentri Agama bahwa marilah kita menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementrian Agama di tengah arus kehidupan yang serba  matrialistis selaraskan antara kata dan perbuatan, sesuai tindakan dengan sumpah jabatan.

"Penguatan identitas keagamaan dan penguatan indentitas kebangsaan tidak boleh di pisahkan, apalagi di pertentangkan dan harus dalam satu kotak dan melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Penguatan identitas keagamaan bila di pisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama," jelasnya.

Kepala Kemenag Kab. Malteng, Hanafi Rumatiga
Sementara itu, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Maluku tengah. Hanafi Rumatiga, mengatakan bahwa Proses infak baru dimulai sejak November 2019. Kebijakan infak beda Madrasah Swasta adalah bentuk kepedulian yang di bangun pihaknya untuk membantu Madrasah Swasta di Maluku Tengah.

"Melalui Gerakan Peduli Madrasah kita rehab sejumlah Madrasah hasil infak, yang kita lakukan ini adalah bentuk kepedulian. Karena jatah Bangun baru atau rehab Madrasah Swasta dari Pemerintah pusat itu sangat terbatas sekali dan yang kita lakukan juga membantu pemerintah sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada Negara," ungkapnya.

Penyerahan secara simbolis, kunci kepada tiga Kepala Madrasah swasta yang telah melewati proses Bedah Madrasah, sebagai tanda diserahkan sepenuhnya bangunan Madrasah, untuk dipergunakan sesuai fungsinya, dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten Maluku Tengah.

Dana pembangunan tiga Madrasah Swasta yang sudah dibangun itu merupakan infak dari siswa Madrasah semua tingkatan serta Guru dan pegawai Kemenag.

"Madrasah Swasta yang di bangun itu merupakan hasil infak bedah Madrasah berasal dari Guru, Siswa dan pegawai Kemenag. Dimana setiap Jum’at diinfakan kurang lebih Rp.2000 per orang," jelas Rumatiga usai Upacara Hari Bakti Ke-74 Kementrian Agama

Penyerahan Tand Satya Lencana Karya Satya, Oleh Bupati Kab. Malteng (Foto Istimewa)
Tiga Madrasah yang mendapat Bedah Badrasah hasil infak itu adalah MTs Waitihisa Desa Waelulu Kecamatan Seram Utara Barat, Mts di Negeri Meu dan Mts Al Hikmah Yanuelo Kecamatan Amahai.

Di waktu yang bersamaan, Bupati Maluku tengah. Tuasikal Abua, menyerahkan Tand Satya Lencana Karya Satya. Kepada salah satu perwakilan ASN Kemenag yang sudah mengabdi selama 10 dan 20 tahun sesuai dengan surat keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 131/TK/tahun 2019, 09 Desember 2019, tentang Penganugrahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya. (MCJ)
Malteng 1260502183647733391

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC