Loading...

Warga Ohoi Watdek Desak Pemda Malra Percepat Pelantikan Kepala Ohoi Definitif

Malra, Maluku Channel.com - Sejak dimekarkan Tahun 2016 Lalu Hingga Kini Ohoi Watdek Masih dijabat oleh seorang PNS Kantor Camat yang Celakanya ikut Mensupport Ayah Kandungnya Sendiri untuk ikut sebagai Salah satu Bakal Calon Kepala Ohoi.

"Hal ini Sungguh Disesalkan Oleh Para Tokoh Adat dan Pemuda serta Masyarakat Watdek Pada Umumnya, seperti diketahui Bahwa Kabupaten Maluku Tenggara Masih Menggunakan Perda N0:03 Tentang Ratschap dan Ohoi sebagai Payung Hukum selama ini, dan Didalam Perda Tersebut Mengatur Bahwa yang Boleh dan Berhak untuk Maju sebagai Calon Kepala Ohoi Hanyalah Mereka yang Punya Garis Keturunan Lurus Baik sebagai Kepala Soa, Orongkay, Maupun Rat.

Hal ini sejalan dengan UU NO:06 Tahun 2016 Tentang Desa/Desa Adat yang Mana pada Pasal 106 Berbunyi Khusus Untuk Desa Adat Pemerintah Memberikan Tugas Penyelenggaraan Berupa Pemerintahan Desa Adat, Pembangunan Desa Adat, serta Pemberdayaan Masyarakat Desa Adat.

"Sayangnya Pejabat Kepala Ohoi Watdek Tidak Memahami Bahkan Terkesan Tidak Mau Tahu, Hal ini Menuai Kecaman dan Cemohan Masyarakat di Ohoi Watdek, salah satu Tokoh Adat yang Juga Calon Kepala Ohoi Watdek Abdullah Renyaan yang adalah Keturunan Garis Lurus Soa Watdek Sejak dari Ayahnya Hi.Hasan Renyaan Kepada Media ini pekan kemarin. Mengatakan Jika sampai Selesai Lebaran Pejabat Kepala Ohoi Watdek Belum Melakukan Apapun Terkait Proses Pengusulan dan Pelantikan Kepala Ohoi Watdek Definitif maka Masyarakat akan Memboikot Pemerintahan Ohoi Watdek.

Kita semua di Kei ini Tahu Bahwa Ohoimur atau Langgur sejak Dahulu Kala diperintah oleh Marga Rettob, Sedangkan Ohoi jang Oleh Marga Narwadan, Sebaliknya Orang diseluruh Kei ini Tahu Bahwa Soa Watdek dari Dahulu dijabat Oleh Marga Renyaan.

Oleh sebab itu Dirinya Meminta Kepada Saudara Toni Narwadan selaku Pejabat Ohoi Watdek agar Jangan Membuat Manuver Politik yang Membuat Kabupaten Maluku Tenggara Tidak Kondusif. (MC_Saleh)
Maluku Tenggara 5953557246416962823

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC