Loading...

Dinas Perindag Kota Tual Gelar Rakor Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) & Tim Percepatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (TP3DN)

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Menindaklanjuti Rakornas TPI Pusat dan Rakorda TPID Provinsi Maluku Sesuai arahan Bapak Gubernur Maluku, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual menggelar Rakor TPID dan TP3DN yang dipusatkan diaula Kantor Walikota Tual, Kamis (20/10/2022). Rakor ini diikuti oleh 20 peserta dan Dibuka oleh Wakil Walikota Tual Usman Tamnge.

Dalam sambutannya Tamnge Katakan
Inflasi sebagai salah satu indikator tingkat kemajuan Negara, harus terus dijaga pada tingkat yang rendah dan stabil untuk dapat memberikan cukup stimulus pada sisi produksi, Dunia Usaha, dan tidak memberikan tekanan yang besar kepada konsumen.

Sepanjang tahun 2022 Tingkat Inflasi cenderung rendah (Creeping Inflation), bahkan beberapa bulan di tahun 2022 mengalami Deflasi. Hal ini disebabkan, karena seiring melambatnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga, karena dampak negatif pandemi Covid-19 pada perekonomian baik Nasional maupun Daerah.

"Rapat Koordinasi bertujuan untuk membahas sejauh mana ketersediaan bahan pokok mengingat bahwa beberapa komoditi bahan kebutuhan pokok di Provinsi Maluku pasokannya masih bergantung pada Daerah luar," ungkap Tamnge.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) merupakan program Nasional yang bertujuan untuk menjaga laju inflasi yang rendah dan stabil, dimana Kinerja TPID dari masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di tiap Provinsi di Indonesia diukur dan dinilai melalui Evaluasi Kinerja TPID.

Tamnge melanjutkan bahwa setelah melalui berbagai penilaian dan indikator maka pada Tahun ini Kota Tual meraih TPID Terbaik Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 dan mendapat Insentif dari Pemerintah Pusat berupa DID Sebesar 10 Milyar Rupiah.

"Untuk itu Tamnge berharap, agar para peserta selain memberi masukan juga diminta untuk bersinergi bersama pemerintah dalam menjaga tingkat inflasi dengan jalan mengkonsumsi dan membeli produk dalam negeri utamanya produk lokal yang ada di Kota Tual," tutup Tamnge. (MCS)
Tual 6656825765877440047

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC