Loading...

Pidato Awal Penjabat Bupati Malteng Muhamat Marasabessy Pada Paripurna Istimewa DPRD

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dalam Rangka Serah Terima Jabatan dan Pidato Penjabat (Pj) Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Malteng, Fatzha Tuanankota yang berlangsung digedung Paripurna DPRD Malteng. Sabtu (17/09/2022).

Penjabat Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy, dalam Pidatonya sampaikan bahwa, Melalui Penyelarasan Rencana Pembangunan Daerah ini, diharapkan dapat mamaksimalkan langkah-langkah Strategis Penting dan Prioritas untuk mendukung Akselerasi Pembangunan Kabupaten Malteng secara lebih Efektif, Cepat, dan Terarah, antara lain memperkuat Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan yang sesuai dengan Prinsip Good Gevernance dan Clean Government.

"Hal ini sejalan dengan Amanat Reformasi Birokrasi yang menghendaki terwujudnya Perangkat Daerah yang tepat Fungsi dan tepat Ukuran demi terciptanya Pelayanan Publik yang lebih baik," ungkapnya.

Marasabessy menambahkan bahwa, Penguatan Pengawasan Internal untuk menjamin terwujudnya Tata Kelola Keuangan yang Profesional, Transparan, dan Akuntabel.

Memperkuat Pelaksanaan Inovasi Daerah, melalui One Agency One Innovation, dimana seluruh Perangkat Daerah wajib memiliki Minimal 1 (Satu) Inovasi dengan mengedepankan Asas Manfaat dan Impact yang dirasakan oleh Masyarakat, melalui Terobosan-terobosan Brilian untuk secara Optimal memanfaatkan Input (Anggaran) yang Minimal guna menghasilkan Output, Outcome, dan Impact yang Maksimal.

Peningkatan Disiplin dan Penguatan Budaya Kerja seluruh ASN dengan menerapkan "ASN Berakhlak" yaitu: ASN yang Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Meningkatkan dan memperkuat Inovasi Pelayanan Publik terpadu dan Pelayanan bergerak yang berbasis di Kecamatan hingga Negeri dan Kelurahan, meliputi Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, terutama Layanan Administrasi Kependudukan, Kesehatan dan Pendidikan yang bermutu dan terjangkau. 

Membentuk Tim Bupati untuk Akselerasi Pembangunan yang melibatkan para pakar dan Profesional sehingga Kualitas Pembangunan Daerah menjadi lebih Terarah, Humanis serta tetap Respons terhadap Kearifan Lokal. 

"Memperkuat dan meningkatkan Koordinasi dan Sinergitas seluruh OPD agar selalu cepat Tanggap dalam mengantisipasi berbagai Dampak Inflasi, terutama terhadap Stabilitas Harga, Ketersediaan Stok, Kelancaran Distribusi Pangan dan BBM bersubsidi, khususnya Minyak Tanah dan Solar, serta Pemberian Bantuan untuk Masyarakat kurang mampu yang terdampak Inflasi," ujarnya.

Pembenahan Kondisi Sarana dan Prasarana Wilayah guna meningkatkan Produktivitas Daerah, serta Aksesbilitas dan Konektivitas Masyarakat, terutama dari titik-titik Produksi ke pasar guna menggerakan dan menumbuhkan Sektor Kawasan Produksi Rakyat (Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan).

Pencegahan dan Penanganan masalah Konflik antar Masyarakat, melalui Peningkatan Koordinasi dengan Forkopimda untuk Penguatan Ketahanan Sosial Masyarakat yang berbasis pada Penyelesaian akar masalah dengan mengedepankan Falsafah hidup orang basudara, merawat kebersamaan, serta memupuk rasa saling percaya antar Masyarakat, maupun antara Masyarakat dengan Pemerintah, dengan melibatkan peran Aktif Tokoh Agama, t
Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan seluruh Elemen Masyarakat. 

Khusus untuk masalah Kariuw, saya akan segera bentuk dan memperkuat Tim Khusus yang melibatkan Aparat Keamanan, Instansi Terkait, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan seluruh Elemen yang berkepentingan, yang akan bekerja secara Pro-Aktif, Fokus dan Terukur untuk menjembatani Kepentingan para pihak dan menghasilkan solusi terbaik, berbasis Penyelesaian akar masalah Tapal Batas ataupun akar masalah lainnya, dengan senantiasa mengedepankan nilai-nilai Persaudaraan, Kemanusiaan, dan Keadilan dalam Koridor aturan Hukum yang berlaku.

Karena itu, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama mejaga Kepercayaan Gubernur Maluku lewat Kerjasama yang Harmonis dalam Bingkai Persaudaraan Pela Gandong, hidup orang basudara.

Dikesempatan ini pula. Muhamat Marasabessy, pun memberikan Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Hi. Tuasikal Abua, SH dan Marlatu L. Leleury, SE yang telah mendedikasikan diri mereka Berkerja untuk Kemajuan Daerah ini dan disertai ucapan Terima Kasih atas Karya dan Pengabdian Bpk. Rakib Sahubawa, dalam mengisi kekosongan Pemda Malteng untuk beberapa waktu yang lalu. 

Kita Doakan, semoga Bpk. Abua Tuasikal dan Bpk. Marlatu  Leleury tetap Sehat dan Kuat untuk terus Berkarya dalam segenap Aktivitas yang dijalankan.

Selanjutnya, untuk mewujudkan Pembangunan Daerah secara Maksimal tentunya bukanlah hal yang mudah. Sebab Malteng adalah Kabupaten yang sangat luas, terdiri dari 18 Kecamatan, 6 Kelurahan dan 186 Negeri yang tersebar di Pulau-pulau yang jaraknya cukup jauh dari Pusat Pemerintahan di Kota Masohi.

"Olehnya itu, melalui Mimbar yang Terhormat ini, saya memohon dukungan yang Maksimal dari seluruh Elemen Masyarakat. Baik dari Rekan-rekan Forkopimda, yang Terhormat Pimpinan dan Anggota DPRD, Institusi TNI dan Polri, Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Ormas, LSM, OKP dan juga seluruh Insan Pers yang ada di Daerah ini," tutupnya. (MCJ)
Malteng 3051756924398364525

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC