Loading...

Dinas Dikbud Kota Tual Gelar Workshop Penyusunan RPP Berdiferensiasi

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Aula SDN 31 Tual, Jumat (11/03/2022) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Tual Kembali menggelar Workshop Penyusunan RPP Berdiferensiasi Tanamkan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka Belajar.

Kegiatan yang diikuti oleh para Kepala Sekolah dan Guru Penggerak serta Pengajar Praktik ini dibuka oleh Kepala Dinas Dikbud Kota Tual, Mudatsir Tamher.

Dalam sambutannya Tamher katakan, Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk Kepedulian Dinas Dikbud Kota Tual terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru di Kota Tual.

Tamher menguraikan bahwa, saat ini Pemerintah Tidak membebani Sekolah untuk menerapkan Kurikulum Merdeka, Pemerintah masih memberikan Tiga Opsi kepada pihak Sekolah yakni:

01. Bagi Sekolah yang belum Siap masih dapat menggunakan Kurikulum 2013.

02. Kurikulum Darurat masih bisa digunakan bagi Sekolah yang merasa Ingin ada Perubahan atau Penyederhanaan namun masih Merasa belum Siap menerapkan Kurikulum Merdeka.

03. Bagi Sekolah yang sudah Siap sudah dapat menerapkan Kurikulum Merdeka baik secara Utuh maupun Bertahap.

Tamher, mengungkapkan beberapa Keunggulan Kuriķulum Merdeka diantaranya lebih Sederhana dan Mendalam karena Kurikulum ini akan Fokus pada Materi yang Esensial dan Pengembangan Kompetensi Peserta Didik pada Fasenya.

"Bagi para Guru mereka akan Mengajar sesuai Tahapan Capaian dan Perkembangan Peserta Didik, lalu Sekolah memiliki Wewenang untuk Mengembangkan dan Mengelola Kurikulum dan Pembelajaran sesuai dengan Karakteristiksatuan Pendidikan dan Peserta Didik," ungkap Tamher.

Lebih lanjut Tamher katakan, Keunggulan lain dari Penerapan Kurikulum Merdeka adalah lebih Relevan dan Interaktif dimana Pembelajaran melalui Kegiatan Projek akan memberikan Kesempatan lebih Luas kepada Peserta Didik untuk secara Aktif Mengeksplorasi isu-isu Aktual seperti Lingkungan Hidup, Kesehatan dan lain-lain untuk mendukung Pengembangan Karakter dan Kompetensi Profil Pelajar Pancasila yang memiliki Enam Ciri yakni Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

"Ini sejalan dengan Semangat Kebersamaan dan Gotong Royong yang menjadi salah satu dari Visi - Misi Walikota dan Wakil Walikota Tual  2018 - 2023," ucap Tamher.

Workshop Penyusunan RPP ini pada Hakekatnya selalu mengikuti Perkembangan dan Kemajuan mengikuti Petunjuk Teknis Pemerintah, walaupun terkadang Pembuatan RPP menjadi Permasalahan bagi sebagian Guru Ditengah Rutinitas Mengajar.

"Sehingga, kurang Menyadari bahwa dirinya juga perlu Peningkatan Keprofesionalannya melalui Penyusunan RPP yang Bersinggungan langsung pada Kegiatan Pembelajaran di kelas," tutup Tamher. (MCS)
Tual 7594262188345958972

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC