Loading...

Bappeda Gelar Musrenbang RKPD Kota Tual Tahun 2023

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Aula Kantor Walikota Tual, Kamis (10/03/2022) Kembali Bappeda Kota Tual Menggelar Musrenbang RKPD setelah sebelumnya Menggelar Forum Diskusi Publik dan Forum Lintas OPD.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ahmad Yani Renuat, S.Sos, M.Si atas nama Walikota Tual ini diikuti oleh 140 Peserta yang terdiri dari Forkopimda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pimpinan OPD dan Stakeholder Se-Kota Tual.

Dalam Sambutan, Walikota Tual yang dibacakan oleh Sekda Ahmad Yani Renuat Walikota Katakan bahwa, Proses Perencanaan Pembangunan merupakan sebuah Rangkaian yang tidak terpisahkan dari Proses Penganggaran.

Untuk itu, Kegiatan Musrenbang ini menjadi sangat Penting dan Strategis dalam Proses Penganggaran untuk Pembangunan suatu Daerah.

Kegiatan Musrenbang yang dibagi dalam 5 Sesi ini masing-masing Pendahuluan, Gambaran Umum, Capaian Kinerja Makro Pembangunan, Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2023 dan Jadwal Penyusunan RKPD Tahun 2023 serta masing-masing sesi diisi oleh Pemateri baik dari Provinsi maupun Pusat.

Musrenbang yang M engusung Tema : "Optimalisasi Pemulihan Ekonomi, Pemerataan Infrastruktur Dasar dan Pengembangan Sumber Daya Manusia" yang merupakan Isu Sentral dalam Musrenbang ini mendapat Sorotan dari berbagai Elemen Masyarakat sebab dianggap belum ada Pemerataan karena terlalu Nampak Kesenjangan antara Kecamatan yang ada di Pulau Kur, Tam Tayando dan Pulau Dullah.

Dalam paparannya, Kepala Bappeda Provinsi Maluku DR. Anton Adrian Lailossa, ST, M.Si katakan, RKPD Harus mampu Mengadopsi berbagai Perkembangan terkini termasuk Kerangka Regulasi dan Penggunaan Aplikasi SIPD dalam Penyusunan RKPD Tahun 2023.

Kepala Bappeda Kota Tual, Fahry Rahayaan dalam paparannya, mengangkat Potensi Sub Sektor Perikanan sebagai langkah Integrasi dari Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

Terungkap dalam Musrenbang jika selama ini Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Disumbang oleh Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan dalam Struktur Ekonomi Kota Tual dalam 5 Tahun (2016 - 2020).

Kegiatan Musrenbang RKPD ini juga menghadirkan Narasumber dari Pusat antara lain: Edhy Surbakty, Jilal Mardhani, Drs. Sumedi Andono Mulyo, DR. Ir. Son Diamar MSc, serta Prof. Faisal Basri.

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini diisi dengan Diskusi Kolaborasi Kemajuan Daerah Kota Tual sepanjang 2018 - 2022 dan secara Resmi ditutup oleh Kepala Bappeda Kota Tual, Fahry Rahayaan dan Dilanjutkan dengan foto bersama antara Peserta dan Panitia Pelaksana Musrenbang. (MCS)
Tual 8196982323075400194

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC