Loading...

Kejar Capaian 70% Herd Immunity, Kesbangpol Kota Tual Gencar Sosialisasi dan Validasi Data Masyarakat Untuk di Vaksin

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Penegasan tersebut dikatakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tual, Drs. Ismit Kabalmay kepada Media ini, Kamis (13/01/2022) disela sela pendataan di Dusun Ohoitel Kampung Baru Desa Ohoitel Kecamatan Dullah Utara.

Dari hasil pendataan dan Validasi Tim Kesbangpol ternyata 99% Warga OKB telah di Vaksin baik Tahap satu maupun tahap dua, ada temuan beberapa Warga yang belum di Vaksin dan setelah di Crosh Chek ke Dinas Kesehatan ternyata mereka adalah Warga dengan Komorbid yang karena penyakitnya menyebabkan mereka tidak bisa di Vaksin.

Keterlibatan Kesbangpol dalam penanganan Vaksin ini sebagai Wujud kepedulian Pemerintah Kota Tual dalam mempercepat Capaian Herd Immunity di Provinsi Maluku sehingga diharapkan pada Tahun ini Indonesia sudah masuk Kategori Endemi.

Sebab Capaian Vaksinasi di Provinsi Maluku baru Mencapai 60% dan untuk Kabupaten/Kota baru Kota Ambon yang mencapai Target melebihi 70% sehingga dapat langsung melanjutkan Tahapan Vaksin Booster maupun Vaksin untuk anak anak Usia 6 - 11 Tahun.

"Kota Tual sendiri hingga hari ini baru mencapai Angka 56% sehingga Pak Walikota meminta semua Dinas-Badan dilingkup Pemkot Tual agar Proaktif membantu mempercepat Target Capaian Vaksinasi, bila perlu turun langsung dan Ikut Mendata ke tengah-tengah Masyarakat," ungkap Kabalmay.

Sementara, untuk lembaga Pendidikan menengah setingkat SMA sesuai data di beberapa Sekolah terdekat ternyata seluruh Guru dan siswanya telah di Vaksin baik tahap satu maupun dua.

Seperti diketahui, Herd Immunity adalah ketika sebagian besar Populasi Kebal terhadap Penyakit Menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap Penyakit Menular tersebut.

Misalnya, jika 80% Populasi Kebal terhadap suatu Virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan Penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan Virus tersebut lebih jauh.

"Dengan cara ini, Penyebaran Penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa Menular suatu Infeksi, biasanya 70% hingga 90% Populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok, dan itu yang sementara ini sedang dikebut oleh Pemkot Tual," tutup Kabalmay. (MCS)
Tual 4380453355855871190

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC