Loading...

Mendagri Akan Canangkan GISA di Ambon

AMBON, Malukuchannel.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dijadwalkan akan mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) di kota Ambon pada 1 Maret 2018.

"Mendagri dalam kunjungan ke kota Ambon untuk menghadiri peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-99 di Ambon, dijadwalkan akan mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk," kata Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Ambon, Selly Haurissa, Selasa (27/02/2018).

Menurut dia, GISA merupakan sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan, sesuai Instruksi Mendagri Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan.

Pelaksanaan Gisa di Ambon akan dilakukan selama tiga hari mulai 1-3 Maret di pusat layanan yang disiapkan di kawasan Jalan A.Y Patty.

"Selama tiga hari masyarakat kota Ambon maupun dari kabupaten dan kota lainnya di Maluku dapat melakukan pelayanan kependudukan di lokasi yang telah ditunjuk, tanpa harus ke kantor dispendukcapil," ujarnya.

Selly menyatakan, waktu tiga hari diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan pengurusan layanan kependudukan seperti pembuatan KTP, Kartu keluarga dan akta capil lainnya.

"Pengurusan administrasi kependudukan bukan hanya untu warga kota Ambon tetapi seluruh kabupaten dan kota di Maluku, untuk pengurusan KTP atau KK yang belum pindah alamat dari luar Ambon dan sebagainya," katanya.

Dijelaskannya, kesadaran adminduk ditunjukkan dengan empat hal, yakni kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat.

"Melaului Gisa diharapkan akan terbangunnya ekosistem pemerintahan dan masyarakat yang sadar akan pentingnya adminstrasi kependudukan," kata Selly. (MCG)
Ambon 8947465847173793763

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC