Loading...

Pengendalian Inflasi Menjelang Natal dan Tahun Baru

AMBON, Malukuchannel.com - Dalam dua bulan terakhir inflasi di Maluku semakin terkendali, yang tercermin dari Maluku mengalami deflasi pada bulan Oktober (-1,06% yoy) dan November (-0,79 persen yoy).

Inflasi di Maluku sampai dengan November 2017 tercatat sebesar 0,96 persen (yoy–Nov'16 sampai Nov’17), dan 0,33 persen (ytd–Jan’17 sampai Nov’17), atau tergolong rendah dibandingkan target inflasi akhir 2017 sebesar 4,5 persen + 1 persen.

Namun yang perlu diwaspadai adalah potensi inflasi di bulan Desember. Berdasarkan pola historis, di setiap bulan Desember Maluku mengalami inflasi. Kondisi ini disebabkan karena peningkatan kebutuhan/permintaan masyarakat terhadap barang dan jasa, menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Data historis menunjukan bahwa rata-rata inflasi pada bulan Desember di Maluku tahun 2012-2016 sebesar 1,13 persen (mtm),"kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku, Bambang Pramasudji melalu Siaran Persnya yang diterima Redaksi, Sabtu (23/12/2017).

Menurutnya, tekanan inflasi di bulan Desember 2017 mulai dirasakan pada subkelompok sayuran, ikan segar dan angkutan udara. Peningkatan tekanan inflasi terjadi pada komoditas ikan tongkol (ambu-ambu) dan ikan kembung.

Sedangkan dari subkelompok sayuran, bayam dan tomat buah sudah mulai menunjukan peningkatan harga. Selain itu, tiket angkutan udara juga mengalami tekanan inflasi yang cukup signifikan.

Peningkatan kebutuhan yang mendorong peningkatan permintaan menjadi pemicu utama tekanan inflasi pada komoditas tersebut menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Dikatakan, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Maluku telah merencanakan beberapa program kegiatan yang akan dilakukan untuk menjaga kestabilan harga di bulan Desember 2017.

Secara umum, stok bahan pokok di Bulog terpantau aman termasuk stok BBM oleh Pertamina. Program kegiatan yang telah, sedang dan akan dilakukan meliputi kegiatan pasar murah, pasar ikan murah, pemantauan harga di pasar dan distribusi komoditas pangan dengan melibatkan Polda Maluku.

Selain itu Dinas Perhubungan akan memantau dan mengawasi agar harga tiket maskapai udara tidak melebihi batas atas.

Selanjutnya, dihimbau kepada masyarakat di Maluku agar dalam merayakan Natal dan Tahun Baru, agar berbelanja secara bijak yaitu berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan, guna menghindari lonjakan harga karena meningkatnya permintaan, yang pada gilirannya diharapkan dapat mengendalikan kenaikan harga (inflasi). (Mc-G)
Ekonomi 2099011514874445043

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC