Loading...

Akan Dibangun Dua Pasar Baru di Ambon

AMBON, Malukuchannel.com - Kementerian Perdagangan membantu pembangunan dua pasar baru di kota Ambon yakni di Air Kuning kecamatan Sirimau dan kawasan Benteng, kecamatan Nusaniwe pada tahun anggaran 2017.

"Kita pada 2017 mendapat bantuan pembangunan dua pasar baru dari Kementerian Perdagangan melalui dana tugas pembantuan," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Sabtu (19/08/2017).

Pembangunan pasar difokuskan di kecamatan dengan harapan dapat membantu para pedagang dalam melaksanakan aktivitas jual beli secara baik sesuai peruntukan.

"Ketika pasar selesai dibangun para pedagang akan direlokasi. Tidak ada PKL yang beraktivitas di pasar Mardika karena semua akan diarahkan ke pasar kecamatan," ujarnya.

Richard menjelaskan, Kemendag sebelumnya juga membantu pembangunan pasar Hutumuri, kecamatan Leitimur Selatan dan Waiheru, kecamatan Teluk Ambon menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2017 guna mengakomodasi masyarakat yang selama ini berdagang di pasar Mardika.

"Masyarakat kecamatan Leitimur Selatan maupun Waiheru selama ini berbelanja dan berjualan di pasar Mardika, sedangkan jarak tempuh dari wilayah mereka cukup jauh. Karena itu pembangunan pasar penting untuk mengakomodir masyarakat," katanya.

Dikatakannya, pembangunan pasar Hutumuri menggunakan tanah milik pemerintah negeri yang diberikan kepada Pemkot Ambon, sedangkan pasar Waiheru pada tahun anggaran 2015 telah dilakukan pembangunan fisik lima persen tetapi terkendala dengan masalah kepemilikan lahan sehingga tertunda.

Masyarakat dua kecamatan di Ambon kedepan diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pembangunan dan pemanfaatan pasar sebagai tempat untuk jual beli tanpa harus ke pusat kota.

Pembangunan pasar diharapkan akan membantu para pedagang dalam melaksanakan aktivitas jual beli secara baik sesuai lokasi peruntukan.

Ketika pasar selesai dibangun para pedagang akan direlokasi. Tidak ada PKL yang beraktivitas di tempat yang lama karena semua akan diarahkan ke pasar tradisional Waiheru untuk melakukan akses jual beli.

Sedangkan, pasar Hutumuri diharapkan dapat mengakomodir masyarakat di kecamatan Leitimur Selatan yang selama ini melakukan aktivitas jual beli di pasar Mardika. (Mc-G)
Ambon 919394365157186942

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC