Loading...

Sosialisasi Gerakan Sekolah Sehat Tingkat SD dan SMP di Malteng

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Baileo Ir. Soekarno, Pandopo Bupati Maluku Tengah (Malteng), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Malteng lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Malteng adakan Sosialisasi Gerakan/Kampanye Sekolah Sehat Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada, Senin (27/05/2024).

Kehadiran kita semua disini menunjukkan Komitmen bersama untuk menciptakan Lingkungan Sekolah yang Sehat, Aman dan Nyaman bagi Generasi Penerus Bangsa.

"Gerakan Sekolah Sehat ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan Anak-anak kita. Sehat bukan hanya berarti bebas dari Penyakit, tetapi juga mencakup Kesehatan Mental, Sosial dan Lingkungan," ungkap Penjabat Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Malteng, Julius P. Boro, S.IP, M.MP.

Dalam ungkapannya, Pj Bupati Malteng mengatakan bahwa, Lingkungan Sekolah yang Sehat akan mendukung Proses Belajar Mengajar yang lebih Optimal, sehingga Anak-anak kita dapat Tumbuh dan Berkembang dengan baik.

"Ada beberapa Hal yang menjadi Fokus dalam Gerakan Sekolah Sehat ini yakni, menjaga Kebersihan dilingkungan Sekolah adalah Hal yang sangat mendasar. Dengan adanya tempat Sampah yang cukup, Sanitasi yang baik serta Kesadaran semua Warga Sekolah untuk menjaga Kebersihan, kita dapat mencegah berbagai Penyakit yang ditularkan melalui Lingkungan yang Kotor," ujarnya.

Pola Hidup Sehat yakni, mengajarkan dan membiasakan Anak-anak untuk menerapkan Pola Hidup Sehat seperti Mencuci Tangan dengan benar, Mengonsumsi Makanan Bergizi serta Rutin Berolah raga. Pola Hidup Sehat ini harus diajarkan sejak dini agar menjadi Kebiasaan yang terbawa hingga mereka Dewasa.

"Ada juga Kesehatan Mental yang mana selain Kesehatan Fisik, Kesehatan Mental juga sangat Penting. Sekolah harus menjadi tempat yang Aman dan Menyenangkan bagi Anak-anak. Hindari segala bentuk Perundungan (Bullying) dan Ciptakan Suasana yang mendukung untuk Belajar dan Berkembang," ucapnya.

Sedangkan Pendidikan Kesehatan, melalui Sosialisasi dan Kegiatan Pendidikan Kesehatan, Siswa akan lebih memahami Pentingnya menjaga Kesehatan dan bagaimana cara melakukannya. Guru dan Orang Tua memiliki Peran Penting dalam memberikan Edukasi ini.

"Gerakan Sekolah Sehat ini membutuhkan Dukungan dan Kerjasama dari semua Pihak, baik itu Pemerintah, Sekolah, Orang Tua, maupun Masyarakat. Saya mengajak kita semua untuk Berpartisipasi Aktif dalam Program ini. Mari kita jadikan Gerakan Sekolah Sehat sebagai langkah Awal menuju Generasi yang lebih Sehat, Cerdas dan Berkarakter," tutupnya. (MCJ)

Malteng 2499455313307821150

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC