Loading...

Terus Meningkat Naik, Nilai PNBP 2024 UPP Kelas II Tulehu

AMBON, MALUKU CHANNEL - Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tulehu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang diberikan tanggungjawab oleh Pusat Terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2023 lalu Ternyata melampaui Target.

"Kami dikasih Target PNBP tahun 2023 lalu sebesar Rp 1.072.483,000 dan Hasilnya ternyata melampaui Target yaitu sebesar Rp 1.110.041,323 atau 103,5 %," ungkap Kepala UPP Kelas II Tulehu, Margarita Wattimury, SE saat ditemui dirung Kerjanya pada, Senin (15/01/2024).

Menurut Kepala UPP, Capaian PNBP yang melampaui Target itu lantaran Petugas UPP Kelas II Tulehu selalu melaksanakan Tugas dengan Baik dan Konsisten, para Pengguna Jasa (Wajip Pajak) mempunyai Kesadaran yang tinggi untuk Membayar Pajak, termasuk Pengaruh dari Pembayaran Sewa Perairan (Periode I) di Tersus (Terminal Khusus) Milik PT. PLN Persero di Desa Waay, maskipun baru dua Bulan Pembayaran yaitu November dan Desember 2023.

Ita Wattimury sapaan Margarita Wattimury merasa senang terhadap Capaian PNBP tahun 2023 ini, sekaligus Optimis terhadap Nilai PNBP tahun 2024 akan tercapai sesuai Target yang ditentukan oleh Pusat yaitu sebesar Rp 143,660,000.

"Semoga Prestasi ini Ikut mendukung Pencapaian Target PNBP Kementerian Perhubungan secara Nasional dan semoga Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) memberikan Reward kepada Kemenhub," ujarnya.

Optimisme Wattimury itu bisa Terwujud karena Pembayaran Tersus di Desa Waay Kecamatan Salahutu Malteng sudah Normal selama satu tahun (12 bulan) atau Periode II sebesar Rp 50,729,250,000, sesuai PKS (Perjanjian Kerjasama) antara Kantor UPP Kelas II Tulehu dengan PT. PLN (Persero) yang diwakili oleh PT. PLN Wilayah Maluku-Maluku Utara (Malut) tanggal 6 November 2023.

Termasuk Sumber-sumber Penerimaan PNBP pada UPP Kelas II Tulehu seperti: Labuh, Tambat, Navigasi, PUP, Dermaga, Pas Orang, Pas Kendaraan dan Rupa-rupa (Sewa Lahan, Jasa pengawasan Bongkar Muat, Pengembalian ke Negara, Sewa Alat dan Sewa Perairan).

"Terhadap Naiknya Target PNBP untuk UPP Kelas II Tulehu tahun 2024, Wattimury Siap memberikan Support kepada Pegawai untuk Bekerja lebih baik/Maksimal," ucapnya.

Dicontohkan, Petugas yang Bertugas pada Pintu Masuk Pelabuhan harus Maksimal dalam memberikan Pemahaman kepada Masyarakat (Pengguna Jasa) ketika masuk di Pelabuhan harus Membayar Karcis, termasuk semua Penumpang harus membeli Tiket karena secara Otomatis sudah Membayar ke Negara.

Terhadap para Pengguna Jasa, Wattimury Minta agar lebih memperhatikan Kewajiban untuk Membayar Jasa Pelabuhan  di UPP Kelas II Tulehu.

Mantan Kepala UPP Namrole, Buru Selatan (Bursel) itu Menghimbau sekaligus berharap, kepada Masyarakat yang berada diseputaran Pelabuhan Tulehu, untuk Sama-sama Menjaga Fasilitas Negara ini dengan baik. Sehingga, dapat memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat Pengguna Jasa Transportasi karena Pelabuhan ini merupakan salah satu Pintu Gerbang Perekonomian di Kabupaten Malteng.

Untuk diketahui bahwa, sampai tanggal 11 Januari 2024 Nilai PNBP yang sudah masuk ke Negara melalui Bank BNI Cabang Ambon sebesar Rp 20,612,070.

Tentu Nilai tersebut dianggap masih Kurang jika dibandingkan dengan Nilai PNBP per tanggal 11 Januari 2023 lalu sebesar Rp 37,954,600.

"Namun demikian Wattimury Optimis dan sangat yakin, Target PNBP untuk UPP Kelas II Tulehu tahun 2024 bisa Tercapai dengan baik," tutupnya. (MC)
Malteng 2870964676321769093

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC