Loading...

Wawali Tual Irup Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

TUAL, MALUKU CHANNEL ONLINE - ASN dilingkup Pemerintahan Kota Tual ikuti peringatan hari Kesaktian Pancasila dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE upacara digelar Pemerintah Kota Tual dihalaman Balai Kota Tual, pada Minggu (01/10/2023).

Untuk tahun 2023 peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tangggal 1 Oktober setiap tahunnya mengusung Tema: "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila, tidak lepas dari peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September oleh PKI atau lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI. Karena itu peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati sehari setelah peringatan G30S/PKI.

Peringatan ini bertujuan agar bangsa Indonesia mengingat kembali peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI) dan juga untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa tersebut. Pada tanggal 1 Oktober 1966, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan dilubang Buaya.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang menjadi pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Selain itu, peringatan hari Kesaktian Pancasila juga dilaksanakan untuk memperingati dan mengenang jasa para pahlawan revolusi yang telah gugur akibat kekejaman Partai Komunis Indonesia dalam peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965, dimana saat enam orang Jendral dan satu orang Letnan TNI-AD telah dibunuh secara keji.

Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi momentum yang pas untuk memupuk jiwa dan semangat Nasionalisme masyarakat, utamanya bagi generasi muda, karena  generasi muda juga harus ikut menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara dan sekaligus ikut mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (KE)
Tual 88212732732511905

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC