Loading...

Pemkab Malra Gelar FPMK Tba Tamet Tun Vuut di Pantai Fanem Ohoi Disuk

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melaksanakan kegiatan "Tba Tamet Tun Vuut" sebagai bagian dari Festival Pesona Meti Kei (FPMK) yang ke-V bertempat dilokasi destinasi wisata Pantai Fanem Park Ohoi Disuk Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku pada, Senin (16/10/2023) pukul 09:00 WIT.

Tba Tamet Tun Vuut artinya "Mari kita pergi mencari (bameti) dan bakar ikan" secara tradisional dengan berburu, menombak dan menikam.

Awali Kegiatan Bupati menandatangani prasasti pada Lokasi tempat wisata setempat yang diberi nama Fanem Stone Park Disuk Kei kecil Timur.

Kegiatan tersebut turut disponsori oleh Surya Nation Gelora, Bank Maluku dan Malut, Bank Modern Express, Bank BRI, Bank Mandiri, BNI, Alfamidi, RRI dan PT. PLN Persero tbk.

Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun memimpin langsung kegiatan tersebut didampingi oleh Asisten III Setda Malra dan forkopimda dengan mengejar dan menikam langsung ikan pada air meti/air surut tersebut sesudah membawakan sambutanya.

Dalam sambutannya, Bupati Malra, Thaher Hanubun mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar untuk menggenjot pariwisata di daerah.

"Mari kita lestarikan tempat wisata Ston Park Vanem atau yang disebut dengan nama yang indah yaitu, Lokasi Destinasi Wisata Kasih sayang di Ohoi Disuk yang sudah terkenal sejak lama ini, dengan ikan bakarnya yang sangat segar serta pemandangan yang sangat indah. Kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga dan melestarikannya," ungkap Bupati.

Kata Bupati, Pariwisata Maluku Tenggara maju dan berkembang seiring bertambahnya jumlah destinasi wisata di daerah. Olehnya itu, semangat untuk membuka destinasi wisata yang baru sangat diperlukan untuk terus mempromosikan Kei diseluruh penjuru dunia.

"Jadi, harus menjaga dan merawat tempat wisata yang baru diresmikan ini sehingga selalu terawat dan menarik perhatian wisatawan daerah maupun mancanegara untuk berkunjung ke daerah Kei, Maluku Tenggara dan bisa mampir disini untuk melihat serta menikmati keindahan pantai Wisata reliji Goa Maria Imakulata "Ston Park Vanem" yang mempesona dan kulinernya yang khas dari Ohoi Disuk di Kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Malra," ujar Bupati.

Menurut Bupati Thaher, dukungan yang sangat luar bisa dari Pemerintah Maluku Tenggara dan TNI-Polri serta seluruh masyarakat Ohoi disuk. Sehingga, pelaksanaan Kegiatan hari ini dapat terlaksana dengan baik guna mendukung kegiatan selanjutnya yaitu, Festifal Pesona Meti Kei 2023.

"Saya selaku Bupati Maluku Tenggara dan Forkopimda dan seluruh OPD dilingkup Pemkab Malra Instansi baik TNI-Polri dan instansi pemerintah daerah lainnya mengucapkan terima kasih kasih atas pelaksanaan Kegiatan yang dilaksanakan hari ini, semoga kedepannya Maluku Tenggara lebih baik dan berkembang terutama dibidang pariwisatanya," tutup Bupati.

Selain Bupati, hadir pula Danlanal Tual, Kolonel Laut (P) Guntur Alamsyah CRMP, Danlanud D. Dumatubun Langgur, Letkol Pas Muhammad Junaidi, SH, Kapolres Maluku Tenggara, AKBP Frans Duma S.P, Kasdim 1503/Tual, Letkol Inf. Isak Jempormase, Danki Brimob Yon C Pelopor, AKP Arifin Wokanubun, Asisten III  Administras Umum Kabupaten Malra, Martinus Mon, S.Pd, Kepala Kejaksaan Negeri Tual, Sigit Waseso, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Tual, Rosyadi, SH, Kepala Dinas Pariwisa Kabupaten Malra, Sarah Far-far, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 1503/Tual, Ny. Luh Ayu Kadek Ariwilani, Wakil Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 1503/Tual, Ny. Min Jempormase, Pimpinan OPD dilingkup Pemkab Malra, para Rat, Orangkay, Kepala Ohoi, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat serta tamu undangan ± 500 orang. (DS)
Maluku Tenggara 3410495443294515162

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC