Loading...

Pj Bupati Malteng Sampaikan Pidato Pertama di Rapat Paripurna Istimewa DPRD

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di Gedung Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Penjabat (Pj) Bupati Malteng, DR. Rakib Sahubawa, S.Pi, M.Si yang mana baru Dilantik oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail pada tanggal 12 September 2023, dengan Masa Jabatan satu tahun (2023 - 2024). Menyampaikan Pidato Pertama diawal Tugasnya didepan para Ketua dan Anggota DPRD Malteng pada, Jumat (15/09/2023).

Rapat Pripurna Istimewa DPRD Malteng, dalam Rangka Pidato Perdana Pj Bupati  Malteng tahun 2023, Dipimpin langsungsung oleh Wakil Ketua II DPRD Malteng, Drs. Herry Men C. Haurissa serta didampingi Wakil Ketua I, Demianus Hattu dan dihadiri oleh Karo Pemerintahan Setda Provinsi Maluku.

Pj Bupati Kabupten Malteng, DR. Rakib Sahubawa dalam Pidato pertamanya menyampaikan bahwa, sebagai Bagian dari Amanat Konstitusi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda), Rapat Paripurna Istimewa pada hari ini memiliki makna yang sangat Khusus, karena hari ini tidak hanya sekedar mengawali Tugas saya yang baru sebagai Pj Bupati Malteng.

Namun, juga untuk memulai Langkah-langkah besar dalam melanjutkan Pemerintahan, Pembangunan, Pemberdayaan, Tata Kelola dan Pelayanan Publik di Kabupaten yang bertajuk Pamahanunusa ini, serta upaya menurunkan tingkat Kemiskinan terutama Kemiskinan Ekstrem, Penurunan Stunting, Pengendalian Inflasi, Memudahkan Investasi, Penggunaan Produk dalam Negeri, Penguatan Birokrasi serta Stabilisasi Politik dan Keamanan.

"Kepada kaum Dua'fa, Anak Yatim dan para Janda serta Orang Tua Jompo, saya Berjanji akan melakukan Upaya Terbaik untuk membantu mereka melalui Program OPEN, hal ini tentu memerlukan Pengembangan Cara-cara baru, Nilai-nilai baru melalui Kerja Keras dan Kerja yang Produktif melalui Terobosan dan Inovasi," ungkap Pj Bupati Malteng.

Dirinya menambahkan bahwa, dalam Rangka Penurunan Stunting, kami akan hadir dengan Inovasi Gema Duta Parenting Potong Pele Stunting, untuk memastikan setiap Bayi dan Ibu Hamil mendapatkan Pelayanan Terbaik dan tersedianya Orang Tua Asuh bagi Anak Penderita Stunting.

"Kita harus bisa dan berani mendobrak Rutinitas demi meningkatkan Produktivitas yang menjadi Prioritas kita bersama. Jangan lagi Kerja kita Berorientasi pada Proses, tetapi harus Berorientasi pada Hasil yang Nyata," ujar Pj Bupati Malteng.

Mindset Paradigma Penyelenggaraan Pemerintahan harus kita Rubah, Tugas kita selaku Penyelenggara Negara bukan hanya membuat dan melaksanakan Kebijakan, tetapi Tugas Utama kita adalah membuat Masyarakat Menikmati Pelayanan, Menikmati Pembangunan dan Hidup Sejahtera.

Untuk itu, jangan Pekerjaan Birokrasi hanya Rutinitas biasa saja, melainkan Tugas Birokrasi adalah Making Delivered yaitu, Memastikan dan Menjamin agar Manfaat dari setiap Program Pemerintah itu dirasakan oleh Masyarakat.

Kita harus menyamakan Pandangan, karena  Problematika Sosial yang terjadi saat ini di Masyarakat dalam segala Aspek, bukanlah lahir dari Kelemahan atau Kesalahan Masyarakat, melainkan karena disebabkan oleh Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah yang belum Fokus pada Penanganan Substansi Persoalan.

Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa, Pemerintah Daerah adalah Solusi dari berbagai Persoalan, bukan sebaliknya Pemerintah Daerah adalah merupakan Sumber Permasalahannya.

"Kita akan memperkuat Reformasi Birokrasi serta Tata Kelola Pemerintahan yang mengedepankan Prinsip-prinsip Akuntabilitas, Transparansi, Beretika dan Berbudaya yang Berdampak pada Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Penguatan Perekonomian Daerah," ucap Pj Bupati Malteng.

Untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi, kita akan mengembangkan Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan melalui Pengembangan Kerjasama dengan Universitas Insan Cita Indonesia (UICI), untuk Peningkatan SDM Aparatur Pemerintah Daerah. Kita juga akan mengembangkan Kerjasama dengan UICI, Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung untuk pengembangan Smart City atau Kabupaten, Data Digital dan Digitalisasi UMKM.

Sahubawa, menambahkan bahwa Kita juga akan Bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada untuk Penyediaan Garam Laut, Pemanfaatan Garam Laut untuk Listrik, Penyulingan Air Laut, Panen Air Hujan dan Pengembangan Tenun Batik. Serta Tugas Penting lainnya, adalah kami akan Mendukung dan Mensukseskan Pelaksanaan Agenda Demokrasi Nasional yaitu, Pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden serta Pemilihan Kepala Daerah. Kami juga akan melaksanakan Upaya-upaya untuk Penyelesaian Konflik Horizontal yang terjadi di Masyarakat.

Saya memohon Dukungan yang Maksimal dari seluruh Elemen Masyarakat, baik dari yang Terhormat Pimpinan dan Anggota DPRD, Forkopimda, Institusi TNI-Polri, Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Ormas, LSM, OKP dan juga seluruh Insan Pers yang ada di Daerah ini.

"Serta saya mohon Dukungan dari Pak. Gubernur Maluku selaku Perwakilan Pemerintah Pusat di Daerah untuk terus memberikan Arahan, Motovasi serta melakukan Pengawasan dan Evaluasi terhadap Kinerja kami selaku Penjabat Bupati sesuai Ketentuan Perundang-undangan yang berlaku," tutup Pj Bupati Malteng. (MCJ)
Slider 4185821134546104038

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC