Loading...

Bupati Malra Lantik Nikodemus Ubro Jadi Pejabat Sekda

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun melantik dan mengambil sumpah Ir. Nikodemus Ubro sebagai Pejabat Sekda Kabupaten Maluku Tenggara yang sebelumnya Ubro menjabat sebagai pelaksana harian Sekda.

Pelantikan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah janji jabatan oleh Bupati Maluku Tenggara dan penandatanganan berita acara yang digelar diaula kantor Bupati Maluku Tenggara pada, Selasa (05/09/2023).

Pada kesempatan tersebut dalam sambutan Bupati Thaher mengatakan bahwa, Pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah yang kita laksanakan saat ini, sesungguhnya adalah hal yang biasa dalam sistem manajemen ASN dan sekaligus sebagai implementasi dari ketentuan Pasal 214 Undang-undang Nomor: 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah. 

Dirinya menambahkan secara ekplisit disebutkan bahwa, Penjabat Sekretaris Daerah diangkat untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah yang berhalangan melaksanakan tugas karena terjadi kekosongan Sekretaris Daerah.

Bupati Thaher mengatakan Perlu kami jelaskan bahwa, kekosongan Sekretaris Daerah terjadi karena diberhentikan dari jabatannya terhitung sejak tanggal berlakunya pemberhentian sesuai dengan ketentuan peraturan mengenai ASN dan Perundang-undangan.

Melalui mimbar ini, atas nama pribadi, keluaga dan Pemerintah Daerah menyampaikan selamat kepada Penjabat Sekretaris Daerah yang baru saja dilantik yakni, saudara Ir. Nicodemus Ubro, M.Si. Tentunya penetapan saudara telah melewati berbagai pertimbangan yang matang baik dari Aspek kinerja, Aspek kepegawaian pertimbangan teknis lainnya dan telah mendapat persetujuan tertulis dari Maluku.

Masa jabatan saudara sebagai Penjabat Sekretaris Daerah paling lama adalah 3 (tiga) bulan dan akan diperpanjang sesuai ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

Bupati menegaskan bahwa, tugas utama yang perlu diingat adalah menyiapkan seleksi pengisian jabatan Sekretaris Daerah definitif. secara terbuka hal ini saya ingatkan kembali agar sesama rekan ASN tidak lagi Gagal Paham.

Saya sangat mengharapkan kinerja optimal saudara beberapa bulan kedepan bersama saya dan Penjabat Bupati Maluku Tenggara yang menurut rencana akan melaksanakan tugas mulai 1 November 2023 guna melanjutkan agenda dan program kegiatan pemerintah daerah, antara lain: APBD Perubahan 2023, termasuk APBD Tahun 2024.

Hendaknya berbagai prestasi dan kesuksesan yang telah dicapai selama ini baik dalam pengelolaan keuangan daerah, kinerja pemerintah daerah kiranya dapat dipertahankan.

Saya juga menitipkan pesan, untuk tetap senantiasa menjaga sinergitas serta koordinasi baik dengan Pimpinan dan Anggota DPRD antar OPD dengan Instansi Vertikal, Kesatuan TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta berbagai pihak lainnya. Terhadap berbagai kebijakan pemerintahan khususnya yang berkaitan dengan ketentuan Kepegawaian.

Bupati Thaher kembali mengingatkan,
saya perlu mengingatkan seluruh ASN dilingkup Pemerintah Daerah terutama yang menduduki jabatan Struktural, untuk lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan Media Sosial (Medsos) guna menyampaikan saran dan kritikan dan yang paling utama adalah cek dulu kebenaran data dan informasi termasuk sumber hukumnya sehingga tidak menimbulkan kesimpangsiuran informasi di masyarakat.

Bupati juga ingatkan bahwa, Tahun 2023 dan Tahun 2024 adalah tahun politik, dimana kita akan memasuki proses demokrasi yakni, Pemilu legislatif dan Pemilukada serentak berbagai friksi atau perbedaan kepentingan cenderung akan menimbulkan kohesi politik yang tajam dikalangan masyarakat, saya berharap dan menghimbau semua pihak bahwa, pilihan boleh berbeda namun persatuan dan kesatuan perlu terus kita jaga dan Kita bina.

Siapapun yang kelak terpilih adalah pilihan Tuhan yang patut kita junjung dan dukung. Menang dan kalah adalah hal yang biasa dalam sebuah perhelatan demokrasi, kesemuanya untuk Maluku Tenggara yang hebat. (DS)
Maluku Tenggara 895301146974240056

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC