Loading...

Bupati Malra Buka Pameran Bonsai, Produk UMKM dan Bunga Jelang 17 Agustus

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun didampingi Wakil Bupati, Ir. Petrus Beruatwarin dan Ketua TP PKK Malra, Eva Eliya Hanubun membuka secara resmi pameran jelang 17 agustus di Kabupaten Maluku Tenggara.

Kegiatan tersebut digelar digedung Dekranasda Kabupaten Maluku Tenggara pada, Senin (14/08/2023).

Pameran ini, diprakarsai oleh TP PKK Malra dan Dekranasda Malra, dibuka oleh Bupati Maluku Tenggara, Thaher Hanubun didampingi Wakil Bupati dan ketua TP PKK Malra yang ditandai dengan pemukulan tipa.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutanya Bupati Thaher katakan, pameran bonsai, UMKM dan bunga merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Maluku Tenggara. 

Terima kasih dan penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada pihak penyelenggara. Tim Penggerak PKK bersama Dekranasda yang bekerjasama dengan komunitas penggemar bonsai Indonesia, cabang Maluku Tenggara dan Kota Tual. 

Atas nama pemerintah daerah saya ucapkan selamat dan sukses, semoga seluruh rangkaian kegiatan ini terselenggara dengan baik dan lancar. Dan melalui kegiatan ini pula, semangat untuk merawat keindahan dan estetika serta mendorong kemajuan dan kemandirian UMKM akan terwujud dan berhasil guna. 

Bupati Thaher jelaskan, salah satu tema besar agenda pembangunan Maluku Tenggara tahun 2023 adalah, kita menata dan mempercantik Kota Langgur. Kota kecil yang indah sebagai tujuan pembangunan Kota Langgur, harus didukung dengan ruang terbuka yang hijau dan asri. 

Ia tambahkan, tanaman-tanaman bonsai yang dikembangkan dapat dipergunakan untuk ikut mempercantik Kota Langgur dan untuk itu, gerakan memasyarakatkan Bonsai melalui pameran, pelatihan dan/atau praktik-praktik pembuatan bonsai dapat didorong untuk lebih dikembangkan. 

Pameran Bonsai kali ini mungkin yang pertama kali di Maluku Tenggara. Semoga event ini menjadi sarana pembelajaran, pengenalan dan juga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mulai mengembangkan bonsai. 

Dirinya menambahkan bahwa, secara filosofis, tanaman bonsai yang dibudidaya dan/atau dibentuk oleh pe-bonsai memiliki nilai-nilai positif yang selaras dengan nilai-nilai kehidupan. 

"Demikian halnya dengan usaha besar kita membangun daerah untuk kesejahteraan rakyat. Semua pihak harus mengerti dan memahami posisi dan fungsinya.

Setiap orang memberikan kontribusi sesuai spesialisasi, untuk melahirkan suatu sinergi yang mampu membawa kemajuan bagi daerah. Pada akhirnya, buah karya dari harmoni yang terbangun itu, akan indah dan dirasakan manfaatnya oleh setiap warga masyarakat. 

Bupati Thaher jelaskan bahw, Pameran kali ini juga ikut menampilkan produk-produk olahan dari UMKM. Di Maluku Tenggara sampai dengan tahun 2022 terdapat sebanyak 7.967 UMKM. Tersebar di 11 kecamatan dengan jenis dan produk yang sangat beragam. 

UMKM yang sangat banyak ini harusnya dapat menjadi penggerak ekonomi daerah. Memang diakui, masih terdapat sejumlah persoalan yang menghambat kinerja dan perkembangan UMKM. 

Persoalan pemodalan, akses pasar dan faktor produksi kadang masih menjadi penghambat. Untuk itu, melalui pameran seperti ini, UMKM harus mampu menyajikan produk-produk terbaik. 

Kita semua bisa menjadi konsumen terhadap produk-produk UMKM, tetapi juga kita dapat menjadi agen untuk ikut memasarkan produk-produk ini. Kita punya relasi, hubungan kerja dan kekerabatan dengan banyak pihak, maka kita gunakan hubungan itu, untuk memperkenalkan dan mendorong Produk UMKM bisa berkembang lagi kedepannya.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, perlu saya sampaikan bahwa, dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 kemerdekaan RI, maka sejak hari Sabtu yang lalu sudah dilaksanakan Kirab Bendera Merah Putih. 

Selanjutnya bendera pusaka akan diantar ke daratan Pulau Kei Kecil, untuk diarak mengelilingi Pulau Kei Kecil. Sehubungan dengan itu, mohon dukungan dan partisipasi kita semua, untuk ikut memeriahkan Kirab Merah Putih diwilayah Pulau Kei Kecil. (DS)
Maluku Tenggara 200606161867537806

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC