Loading...

Gereja St. Petrus dan Paulus Stasi Namar Akhirnya Diresmikan Bupati Maluku Tenggara

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - 13 Tahun umat menanti satu rumah Tuhan yang pasti akhirnya tepat tanggal 17 Juli 2023 diresmikan Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun didampingi Uskup Amboina, MGR. Senno Ngutra, Kepala Ohoi Namar dan Ketua Panitia gedung Gereja Katolik, St. Petrus Paulus Stasi Namar langsung diresmikan yang ditandai dengan penekanan tombol sirene dan pelepasan balon.

Acara pentahbisan direncanakan akan digelar pada bulan Desember nanti yang akan ditahbiskan oleh Uskup Amboina, MGR. Senno Ngutra dan akan dihadiri oleh umat masyarakat Ohoi Namar dari rantau sesuai dengan rencana panitia dan umat dengan tajuk Namar Panggil pulang.

Acara bersejarah bagi umat Stasi Namar tersebut digelar didepan gedung gereja pada, Senin (17/07/2023).

Acara besar dan sangat berarti bagi umat dan masyarakat Ohoi Namar itu diawali dengan penjemputan Bupati dan Uskup bersama rombongan secara adat dipintu masuk Ohoi oleh Pemerintah Ohoi, Panitia dan umat Stasi tersebut dengan upacara adat, penyemangatan syal yang diiringi dengan lagu dan tarian adat Ohoi setempat.

Bupati dan Uskup dipersilakan masuk kedalam belan dan diiringi lagu dan tarian umat warga masyarakat menghantar Bupati dan uskup serta rombongan menuju gedung Gereja baru.

Sebelum pintu pagar dibuka Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun menggunting untaian bunga yang dipasang didepan pintu pagar sebagai tanda bahwa gedung baru akan diresmikan.

Dalam sambutanya, Bupati Thaher mengawali dengan meminta kepada umat Ohoi Namar yang berada diluar daerah rantau untuk pada pentabisan nanti semua harus pulang dan menghadiri acara bersejarah tersebut.

Saya berharap, pada acara hari ini Peresmian mau pun pada acara pentabisan nanti umat Ohoi Namar pulang semua untuk mengikuti acaranya.

Bupati juga meminta kepada kepala Ohoi untuk kalau bisa berupaya ke daerah-daerah untuk meminta dan menyampaikan langsung kepada umat disana luar daerah untuk semua pulang dan bisa mengikuti kegiatan tersebut.

"Kepala Ohoi harus ke daerah-daerah untuk mengundang langsung warga masyarakat Ohoi Namar disana untuk pulang dan mengikuti acara pentabisan ini," ungkap Bupati.

Buat satu acara Namar panggil pulang untuk semua masyarakat dirantau harus pulang untuk mengikuti acara pentabisan karena itu merupakan gereja kebanggaan Ohoi.

Bupati juga mengatakan, dirinya seorang muslim dan didepan gedung gereja dirinya berdiri dan yakin bahwa, telah membantu para hamba Tuhan seperti Pastor, Pendeta dan Imam.

"Saya seorang muslim didepan Gereja yang mulia ini, saya seorang muslim tapi saya yakin telah membantu hamba Tuhan seperti Pastor Pendeta dan Imam, maka upahku pasti Tuhan kasih. Karena Pastor pasti mendoakan, Pendeta pasti mendoakan, Imam mesjid pasti mendoakan apalagi sahabat-sahabat saya para suster yang ada disini pasti mendoakan dan pasti saya punya tempat di surga," ujar Bupati dan dijawab Amin-amin oleh hadirin yang hadir.

Bupati Thaher menjelaskan, mengapa banyak anggaran di kabupaten itu dilokasikan bersama dengan pimpinan dan anggota DPRD untuk rumah Tuhan untuk semua golongan, Inilah keinginan saya. 

Saya punya satu keyakinan yang luar biasa bila dunia ini saya bangun rumah untuk Tuhan maka kelak dia akan menyediakan tempat bagiku di surga. 

Untuk itu, sekali lagi saya menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat Namar Stasi, Pastor Paroki dan lainnya yang memberikan kesempatan kepada kami saya dan ketua DPRD dan anggota DPRD ikut juga hadir menyelesaikan pembangunan.

Dihadapan Uskup bersama pimpinan dan anggota DPRD, Bupati Thaher menyatakan hadir serta berusaha maksimal untuk melayani para Pastor, para Pendeta dan para Imam. Karena mereka adalah untuk melayani umat dan saya ucapkan selamat mudah-mudahan Gereja ini mengumpulkan hati kita semua menjadi satu.

Bupati dan Uskup serta para tamu undangan  disuguhi nyanyian persembahan dari orang muda Katholik Stasi Namar dengan lagu awal Fadad filfil yang merupakan lagu kebanggaan Bupati Thaher. (DS)
Maluku Tenggara 316462738813396967

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC