Loading...

Walikota Tual Buka Gerakan Pangan Murah

TUAL, MALUKU CHANNEL ONLINE - Gerakan Pangan Murah dalam rangka Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan, pelaksanaan Pangan Murah yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Kota Tual menjelang hari Raya Idul Adha yang berlangsung di gedung Budaya Taman Kota Tual, Senin (26/06/2023).

Gerakan Pangan Murah Pemkot Tual, melibatkan Badan Pangan Nasional Kota Tual, Bulog, Alfamidi, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) "Bersama Wujudkan Kedaulatan Pangan".

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag, M.Si sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut Forkopimda Tual, Ketua DPRD Kota Tual, Kepala Bulog, Koordinator Alfamidi, OPD Terkait, Camat dan Kepala Ohoi.

Menjelang hari Raya Idul Adha Pemerintah Kota Tual, menggelar kegiatan pangan murah kepada masyarakat Kota Tual, hal tersebut disampaikan Walikota Tual, Adam Rahayaan dalam sambutannya yang bertempat di Taman Kota Tual.

Walikota menjelaskan, program gerakan Pangan Murah merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Kota Tual melalui Dana Intensif Daerah (DID) yang bersumber dari penghargaan atau Reward oleh Pemerintah Pusat atas keberhasilan dalam menekan angka inflasi pada tahun sebelumnya.

"Pemkot Tual menggelar kegiatan ini melalui Dinas Ketahangan Pangan dalam bentuk penjualan komoditi dengan pola subsidi sebesar 30%, hal ini merupakan langkah strategis sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat kecil berpenghasilan rendah," ungkapnya.

Harga kebutuhan pangan dari lepas hari terus memperlihatkan kenaikan yang cukup serius akibat dari rantai pasokan dan ketersediaan pangan yang relatif terbatas dengan jumlah permintaan yang terus bertambah.

Lebih lanjut dikatakan, hal ini tentu akan berdampak pada keterjangkauan masyarakat untuk memperoleh kebutuhan pangan secara ekonomi maupun fisik, masyarakat secara ekonomi dipengaruhi oleh tingkat pendapatan dan daya beli yang rendah, sedangkan, keterjangkauan secara fisik dipengaruhi oleh akses untuk memperoleh pangan disaat kondisi harga pangan mengalami fluktuasi yang sangat tinggi.

"Kegiatan Pangan Murah yang dilaksanakan, merupakan perpaduan antara program Pemkot Tual dengan kegiatan stabilitasi pasokan dan harga pangan oleh Badan Pangan Nasional melalui Anggaran Belanja Tambahan (ABT) tahun 2023," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Walikota Tual mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini dan kepada seluruh warga yang berbelanja agar berbelanja secukupnya sesuai kebutuhan sehari-hari. (KE)
Tual 4894111085319985509

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC