Loading...

Pj Bupati Malteng Adakan Safari Ramadhan 1444 H Ke-Kecamatan Saparua Negeri Siri Sori Islam

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Penjabat Pj Bupati Maluku Tengah (Malteng), DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech adakan Safari Ramadhan 1444 Hijriah Tahun 2023 ke Kecamatan Saparua yang berlangsung di Negeri Siri Sori Islam pada, Selasa (18/04/2023) Pekan kemarin.

Dikesempatan ini pula, Pj Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy dalam sambutannya katakan bahwa, Rangkaian Kegiatan Safari Ramadhan yang dibingkai dengan Tema: "Gerakan Sapa Umat Kalesang Negeri Berahklak dan Berbudaya.

Perjumpaan hari ini Terasa Indah dan Bahagia karena berlangsung dalam Suasana Bulan Suci Ramadhan. Saya sangat Terharu sekaligus menyampaikan Terima Kasih dan Apresiasi yang Setingi-tingginya atas sambutan yang sangat luar biasa dilakukan Pemerintah Negeri dan Masyarakat Siri Sori kepada saya dan Istri beserta Rombongan yang hadir.

Pj Bupati mengajak Masyarakat untuk Bersama-sama memanjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan KaruniaNya, kita dipertemukan kembali ditempat ini dalam Keadaan Sehat Walafit baik Jasmani maupun Rohani. Tak lupa juga kita ungkapkan Shalawat kepada Junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. 

Secara Pribadi saya memiliki Ikatan Emosional yang sangat dalam dengan Masyarakat negeri Siri Sori. Sebagai Anak Adat Negeri Kailolo, kita punya catatan Sejarah yang harus terus diceritakan bagi Generasi kita agar Ikatan Persaudaraan ini tetap Kokoh.

"Tanpa terasa kita Umat Muslim telah menjalani Ibadah Puasa Ramadhan dengan Tekun, Sabar dan Setia hingga memasuki Hari yang Ke-27 tinggal beberapa hari kedepan kita akan tiba dipuncak KemenanganNya melalui Perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah," ungkapnya.

Saya bersyukur di Bulan Suci Ramadhan ini, Allah SWT masih Setia menjaga dan Memelihara kita, terutama Saudara-Saudaraku Umat Muslim yang ada di Negeri Siri Sori ini. 

Puasa Ramadhan adalah salah satu Ibadah yang paling Penting dalam Agama Islam. Ibadah ini dilakukan selama bulan Ramadhan, Bulan Kesembilan dalam Kalender Islam. Selama bulan ini, Umat Islam diwajibkan untuk Menahan Diri dari segala bentuk Perilaku yang dapat merusak Kesucian Hati dan Perilaku yang dilarang oleh Agama Islam. 

Tujuan Utama dari Ibadah Puasa Ramadhan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menumbuhkan Rasa Taqwa dan meningkatkan Kesadaran Spiritual. Selain itu, Ibadah Puasa Ramadhan juga bertujuan mengajarkan Rasa Empati, Menumbuhkan Rasa Kemandirian, Menjaga Kesehatan, meningkatkan Solidaritas Sosial serta meningkatkan Kebersihan Moral. 

Jika Merujuk pada Arti, makna dan Tujuan Ibadah Puasa tersebut maka saya yakin bahwa, Saudara-saudara sangat mampu mengamalkan dan mewujudkannya dengan baik dan benar dalam Kehidupan setiap hari. 

"Safari Ramadhan merupakan Agenda tahunan yang diselenggarakan untuk meningkatkan Silaturahmi, Memperkokoh Ukuwah Islamia serta menyiapkan Umat Islam menyambut Idul Fitri dengan Rasa Bahagia, Aman, Rukun dan Damai," ujarnya.

Merujuk pada tujuan tersebut, maka Safari Ramadhan tentunya memiliki Arti Penting dan Bernilai Strategis, sehingga patut dihayati dan dimakani secara dalam oleh Saudara-saudara sekalian. 

Dengan bertemakan "Gerakan Sapa Umat Kalesang Negeri Berahlak dan Berbudaya" maka melalui Momentum ini saya mengajak seluruh Masyarakat di Negeri Siri Sori Islam agar semakin Giat Menjaga, Merawat, Melestarikan dan Mengembangkan Alam Lingkungan sekitarnya agar tetap Bersih, Sehat, dan Indah. 

Saya juga berharap, agar Masyarakat mampu Memanfaatkan seluruh Potensi Sumberdaya yang ada di Negeri ini agar memiliki Nilai Ekonomis sehingga akan berdampak pada Peningkatan Taraf Hidup dan Kesejahteraan Ekonomi setiap Rumah Tangga. 

Saya perlu mengingatkan Saudara-saudara bahwa, Dunia saat ini telah mengalami Perubahan yang sangat Cepat. Tantangan kedepan semakin Berat dan Sulit. Karena itu kita harus Bekerja Keras dan tingkatkan terus SDM.

Generasi kita harus disiapkan secara baik dari Aspek Pengetahuan dan Ketrampilan serta tentunya memiliki Karakter Moral yang baik. Syaratnya Generasi kita harus memperoleh Pendidikan yang Layak dan Bermutu.

Orang Tua dan semua Pemangku Kebijakan harus Memotiviasi, Mengarahkan, Membimbing dan Mengingatkan Generasi kita untuk lebih Giat, disiplin dan Tekun Belajar. 

Pendidikan selalu Berhubungan dengan Kesehatan, jika Masyarakat kita Sehat, maka Masyarakat kita akan menjadi Masyarakat yang Cerdas karena bisa menikmati Pendidikan dengan baik, bahkan Aktivitas untuk mencari Nafkah apapun Profesinya juga dapat dilakukan dengan baik. 

Saya berharap, agar Gaya hidup Sehat, Bersih dan Bergizi harus menjadi ciri Hidup Masyarakat yang ada di Kecamatan ini. Pemerintah akan terus Bekerja Keras guna memenuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat terutama dibidang Pendidikan dan Kesehatan. Khusus Kabupaten Malteng, kita masih diperhadapkan dengan Angka Kemiskinan Ekstrem yang masih cukup tinggi. 

Disisi yang lain Angka Stunting kita juga masih Relatif Tinggi. Kita juga masih menyaksikan beberapa Pertikaian yang terjadi disejumlah Wilayah yang dilatar belakangi oleh berbagai Motifnya.

"Semua Tantangan dan Persoalan tersebut dapat kita selesaikan jika bersatu, kita Jalin Kerjasama, semua pihak baik harus terlibat bersama melalui Peran dan Partisipasinya," ucapnya.

Bulan Suci Ramadahan ini hendaknya menjadi Momentum Perenungan untuk menemukan kembali Jati Diri kita yang seutuhnya, agar kita Benar-benar menjadi Orang yang berguna bagi sesama, bagi Daerah, Bangsa dan Negara. Sekecil apa pun peran kita, akan tetap menjadi Nilai yang sangat Berharga. 

Saya Bangga karena Negeri Siri Sori Islam Kecamatan Saparua dengan Populasi Penduduk yang cukup besar dan Beragam, serta Daerah Pemerintahan Negeri yang cukup Luas, namun Persatuan dan Kesatuan di Negeri ini dapat Terbina dengan baik, Aman dan Damai. 

Saya menyadari bahwa, pasti ada Perbedaan Pandangan tetapi saya yakin Perbedaan itu mampu dikelola dengan baik dan itu itulah menjadi Kekuatan Koleftif Membangun Negeri Siri Sori yang Maju dan Sejahtera, Rukun dan Damai yang sekaligus Berdampak Positif terhadap Agenda Pembangunan di Malteng.

Dalam Safari Ramadhan ini, saya telah menyiapkan Paket Bantuan yang disalurkan kepada Masyarakat Miskin Ekstrem serta berbagai Bantuan lainnya untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan Dasar dan Pemberdayaan Masyarakat.

Saya Optimis Bantuan ini sangat Bermanfaat bagi Masyarakat. Sehingga saya berharap, Bantuan ini dapat diterima dengan Ihklas dan Rasa Syukur, serta digunakan Sebaik-baiknya bagi Kesejahteraan semua Orang. 

Bulan Suci Ramadhan ini mengajarkan kita untuk meneladani Sikap Hidup Nabi Besar Muhamad untuk Mensiarkan Islam yang Rahmatan lil'alamin. 

"Kita bertanggungjawab untuk menjaga Daerah ini tetap Aman dan Damai menyambut Perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah, bahkan kita wujudkan itu untuk seterus dan selamanya," tutupnya. (MCJ)
Malteng 8612034250420352979

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC