Loading...

Pj Bupati Malteng Buka Secara Resmi MTQ Kecamatan Tehoru

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di depan Kantor Camat Tehoru, Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng) DR. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech. menghadiri sekaligus Membuka secara Resmi Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kecamatan Tehoru, Kabupaten Malteng. Pekan kemarin pada, Selasa (25/04/2023).

Muhamat Marasabessy dalam Amanatnya mengatakan bahwa, atas nama Keluarga dan Pemerintah Daerah (Pemda) Malteng, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah Minal Adin Wal Faidin Mohon Maaf Lahir & Batin, untuk seluruh Masyarakat di Kecamatan Tehoru. 

Semoga Momentum Perayaan Idul Fitri semakin Memantapkan kita untuk Melangkah Maju dan melakukan Kebaikan yang Nyata dalam Kehidupan setiap hari. 

"Perkembangan Kehidupan Beragama di Malteng dari waktu ke waktu semakin tumbuh dan berkembang. Banyak Kemajuan yang kita Rasakan melalui Beragam Kegiatan Keagamaan yang selalu mendapat Perhatian dan Dukungan Pemerintah," ungkapnya.

Marasabessy menambahkan bahwa, selain itu Relasi Sosial antar Umat Beragama semakin Kokoh yang ditandai dengan Peran dan Partisipasi Umat Beragama ketika terlibat dalam Kegiatan-kegiatan Keagamaan di Daerah ini.

Tentunya ini menjadi Modal Sosial yang harus kita Pertahankan agar kita dapat Menata dan Membangun Daerah ini lebih Maju dan Modern dengan tetep mempertahankan Nilai-nilai Agama dan Budaya. 

Salah satu Program Pembangunan Bidang Agama yaitu Peningkatan Pemahaman dan Pengembangan Nilai Keagamaan di Masyarakat dan diantaranya adalah melalui Kegiatan MTQ.

Kegiatan ini merupakan Pengembangan Syiar Islam dan Ikhtiar untuk mengagungkan Kalam Ilahi, untuk meneguhkan Kesucian-Nya, memperkuat Keimanan, dan Memperluas Fungsi Edukatif dari pada Kitab Suci Al Qur'an bagi Umat Islam. 

Saya sangat Mengapresiasi diselenggarakannya Kegiatan ini, apalagi berlangsung masih dalam suasana Perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah. Saya menilai Kegiatan ini sangat Positif dan bernilai Strategis, dilakukan dalam Momentum yang sangat tepat dengan Kondisi saat ini. 

"Terkait Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), maka setiap Muslim harus menjadi Pribadi Unggul yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Keterampilan, sehingga dapat memberikan Kemasalahatan bagi Masyarakat," ujarnya.

Ilmu Pengetahuan merupakan Identitas Generasi Qurani. Saya berharap Generasi Muda Muslim mempunyai Identitas tersebut. 

Proses Peningkatan Pengetahuan ini tidak boleh berhenti, tapi terus berkelanjutan agar selalu Relevan dengan Perkembangan Zaman. Generasi Qur’ani juga tidak hanya sekadar sanggup Membaca Al-Qur’an, tapi juga Memahami kandungannya agar bisa Mengimplementasikan dalam Kehidupan Keseharian.

Inilah salah satu ciri dari SDM Unggul sesuai dengan Napas Al-Qur’an. Selanjutnya, Al-Qur’an juga harus mampu menjadi Inspirasi dalam Membangun Nilai-nilai Kerukunan, Toleransi, dan Keharmonisan, sekaligus Solusi dari berbagai Persoalan Aktual Umat dan Bangsa. 

Saya harapkan Generasi Muda yang terlibat dalam Kegiatan ini akan semakin memiliki Pemahaman yang benar tentang Isi dan Kandungan Al Qur'an.

"Kepada Generasi Muda Islam harus ditanamkan Pemahaman yang benar tentang bagaimana Islam memandang Keragaman dalam Masyarakat, untuk saling Mengenal dan saling Menghormati satu sama lain," ucapnya.

Pelaksanaan MTQ telah memberikan Dampak yang besar dalam membangun Kecintaan Masyarakat terhadap Al-Quran. Pemerintah Daerah (Pemda) akan terus mendukung Kegiatan MTQ ini Demi mewujudkan Tatanan Masyarakat yang Religius dan memiliki Akhlak yang Qur’ani. 

Saya mengharapkan MTQ tidak Semata-mata Wahana untuk Berlatih dan Berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan Mengedukasi Umat untuk semakin Mencintai dan Membumikan Al Quran.

MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan Kesadaran Beragama yang lebih Humanis dan Terbuka, selain juga sebagai bentuk Daqwah untuk menyempurnakan Akhlak Kaum Muslimin dan Musimah. 

Saya juga berharap, Nilai-nilai Silaturahim dan Kebersamaan yang Tercipta antar Kafilah di Arena MTQ ini akan mengalahkan semangat Berlomba untuk menjadi Juara. 

Mari kita jadikan Musabaqah ini sebagai Wahana untuk menumbuhkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Insaniyah. 

Saya berpesan agar para Peserta MTQ tidak hanya Mengejar Kemenangan, akan tetapi lebih kepada Upaya Memupuk Motivasi dan Keinginan yang Kuat untuk menguasai Ilmu-ilmu Keagamaan yang berkaitan dengan Al Qur'an, baik melalui Jalur Pendidikan Formal maupun Informal.

Dikesempatan ini pula Pj Bupati Malteng, menyampaikan Terima Kasih dan Penghargaan yang setinggi tingginya kepada Pemerintah Kecamatan Tehoru, Danramil, Kapolsek yang telah Menjalin Koordinasi yang baik dengan Panitia Penyelenggara hingga MTQ Kecamatan Tehoru dapat Terlaksana dengan baik dan Sukses di hari ini. 

"Saya sampaikan Penghargaan yang tinggi pula kepada Panitia Pelaksana dan seluruh pihak yang telah mempersiapkan Pembukaan Kegiatan ini dengan baik. Saya Optimis, MTQ dapat terus dilaksanakan dalam Rangka mengukuhkan Silaturahim dan Kebersamaan, sehingga Makin Kuat Bersinergi membangun Keberagaman demi Kesejahteraan Rakyat," tutupnya. (MCJ)
Malteng 4509457623361560556

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC