Loading...

Kecamatan Manyeuw Miliki 2 Potensi Unggulan

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Disampaikan Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun pada saat membuka Musrenbang Kecamatan Manyeuw yang berlangsung di Kantor Kecamatan Manyeuw Ohoi Debut, Jumat (24/02/2023).

Bupati menyampaikan bahwa, ada dua potensi unggulan di Kecamatan Manyeuw yakni Pariwisata dan Perikanan dua potensi tersebut ada pada kecamatan ini, disela-sela sambutannya pada saat berlangsungnya Musrenbang.

Disampaikannya, berbagai intervensi yang dilakukan ditingkat Kabupaten maupun di Ohoi, sangat berpengaruh terhadap kedua capaian ini, praktik baik di tahun 2022 harus kita tingkatkan di tahun 2023, termasuk untuk tahun 2024 yang kita rencanakan di Musrenbang hari ini.

Bupati menyampaikan pula, saya ingin sedikit mengatakan gambaran intervensi pembangunan di Kecamatan Manyeuw dalam tahun 2023, serta kebijakan untuk tahun 2024, Kecamatan Manyeuw memiliki GR besar disektor pariwisata dan perikanan.

Dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi, maka sektor-sektor ekonomi produktif perlu didorong, memang diakuinya tahun ini, karena kondisi keuangan negara yang berdampak bagi daerah, termasuk juga kebijakan nasional fokus pariwisata hanya di 10 destinasi prioritas, maka anggaran untuk pariwisata tidak optimal.

Bupati mengungkapkan, bahwa di tahun 2023 ini, untuk Kecamatan Manyeuw ada intervensi sebanyak 15 paket kegiatan untuk konektivitas wilayah, tahun ini ada penanganan jalan ruas Debut-Namar, serta untuk mendorong ekonomi masyarakat, maka ada paket perluasan irigasi, penyediaan sarana pertanian, sarana prasarana budidaya rumput laut, dan bedah unit pengolah ikan.

Lanjut Bupati, untuk pembangunan manusia, ada paket kegiatan sarana dan prasarana di SD Naskat Don Bosco Ngilngof serta SDN Inpres Rumadian, di Puskesmas Debut, Tahun ini ada 2 (dua) paket kegiatan untuk menunjang pelayanan, yaitu Pengadaan Lansia Kit dan Pernaikan Sistem Penyediaan Air Minum.

Bupati mengakui, masih ada kebutuhan lainnya yang belum terpenuhi, tapi perlahan-lahan upaya terus dilakukan mohon dukungan warga masyarakat, pemerintah ohoi dan kecamatan. Semoga atas dukungan, partisipasi dan kerja sama semua pihak, maka semua rencana dan agenda pembangunan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Pembinaan dan pembelajaran politik kepada masyarakat harus diingatkan, mengingat untuk tahun 2024 dalam memasuki tahun-tahun politik, Kecamatan Manyeuw harus benar-benar mampu menjaga stabilitas, tegasnya.

Bupati dalam sambutannya juga berharap, peran serta dan dukungan unsur pemerintah ohoi (Linmas), elemen pemuda, lembaga kemasyarakatan, unsur keagamaan dan unsur adat, untuk saling bersinergi. Saling bekerja sama, mendukung seluruh proses demokrasi dalam tahun-tahun politik ke depan, berjalan dengan aman dan damai.

Harapnya, semoga semua lancar, dan memberikan hasil-hasil yang baik, produktif dan konstruktif, untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat yang sama-sama kita cintai, Musrenbang ini dihadiri Kapolres dan Dandim 1503 Tual. (DS)
Maluku Tenggara 1829832107308376812

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC