Loading...

Dua Prioritas Unggulan Kecamatan Hoatsorbay Diangkat Bupati di Musrembang

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Dalam struktur tata ruang Kabupaten Maluku Tenggara, Kecamatan Hoat Sorbay berfungsi sebagai Pusat Pelayanan Kawasan (PPK), Hoat Sorbay berfungsi sebagai pusat kegiatan skala kecamatan atau beberapa ohoi, penegasan ini disampaikan Bupati Maluku Tenggara ketika membuka Musrenbang Kecamatan di Ohoi Tetoat, Jumat (24/02/2023).

Dalam sambutan Bupati katakan, di Hoat Sorbay ini, sesuai potensi wilayah maka sektor perikanan adalah prioritas, diteluk Hoat Sorbay yang indah ini, ada begitu banyak potensi budidaya yang dapat dikelola begitu juga perairan laut-nya, potensi perikanan tangkap cukup besar.

Dijelaskan Bupati, disektor perikanan tahun 2023 ada 9 paket bantuan yang disalurkan di Hoat Sorbay, yaitu: 5 paket sarana dan prasarana budidaya rumput laut serta 1 paket bedah unit pengolah ikan dan 5 paket kapal penangkap ikan untuk perairan laut berukuran 5 GT, budidaya rumput laut di Hoat Sorbay memang terus didorong seiring dengan kerjasama Pemda Malra dengan PT. Daur Kelola Mandiri (DKM) di Jakarta yang tertarik mengembangkan budidaya rumput laut di Malra.

Ucap Bupati, kita berdoa semoga semuanya lancar, PT. DKM akan segera berinvestasi dengan dukungan teknologi dan metode-metode baru yang akan meningkatkan produktivitas secara efektif dan tentu lebih efisien, selain itu sektor pertanian di Kecamatan Hoat Sorbay juga cukup baik ada beberapa ohoi di kecamatan yang punya keunggulan disektor pertanian, ada 6 paket bantuan pertanian diantaranya, sarana pra panen dan pasca panen, jalan tani serta perluasan jaringan irigasi.

Selain itu, ada juga bantuan untuk sarana dan prasrana pendidikan berjumlah 10 paket dan paket Hibah Keagamaan kepada 4 sarana ibadah, masih banyak kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi, tetapi Pemerintah Daerah juga dibatasi dengan kapasitas keuangan, mungkin hari ini belum, semoga besok-besok bisa dipenuhi, daerah dengan anggaran yang terbatas, maka strateginya kita harus cicil, memilih dan memilah sesuai prioritas yang mendesak.

"Partisipasi dan dukungan masyarakat adalah hal yang sangat diperlukan, mohon dukungan Bapak-Ibu sekalian, semua proses dan agenda kerja kita dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga perlahan-lahan, manfaat pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat," harap Bupati.

Bupati mengingatkan, tahun 2024 dalam memasuki tahun-tahun politik, Kecamatan Hoat Sorbay harus benar-benar mampu menjaga stabilitas, pembinaan dan pembelajaran politik kepada masyarakat harus ditingkatkan, peran serta dan dukungan unsur pemerintah ohoi (Linmas), elemen pemuda, lembaga kemasyarakatan, unsur keagamaan dan unsur adat, untuk saling bersinergi. Saling bekerja sama, mendukung seluruh proses demokrasi dalam tahun-tahun politik ke depan, berjalan dengan aman dan damai.

Bupati didampingi Kapolres Maluku Tenggara dan Dandim 1503/Maluku Tenggara membuka Musrembang kecamatan Hoatsorbay ditandai dengan pemukulan gong dan Bupati menerima penghargaan dari Camat Hoat Sorbay sebagai Bapa pembangunan sarana ibadah di Maluku Tenggara. (DS)
Maluku Tenggara 1806093277290690628

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC