Loading...

Bupati: Ada Keseriusan OPD Teknis

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bertempat di Balai Ohoi Wearlilir, berlangsung Musrenbang RKPD Kecamatan Kei Kecil tahun 2024, yang dibuka secara langsung oleh Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun, Senin (20/02/2023).

Dalam sambutanya, Bupati sampaikan kita memohon berkat Tuhan, semoga Musrenbang di hari ini terlaksana dengan baik, lancar dan mampu menggali dan menyerap aspirasi masyarakat, serta mampu melahirkan rekomendasi dan kebijakan anggaran, program serta kegiatan guna menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Harapan Bupati, agar dalam musrenbang ini ada keseriusan semua pihak, terlebih-lebih dari OPD teknis, jangan sampai masyarakat menganggap bahwa musrenbang tidak memiliki arti apa-apa dan akan ditindaklanjuti dengan surat penegasan dari Bupati kepada OPD terkait.

Tegas Bupati, setiap usulan yang disepakati, Wajib dimasukan ke dalam Renja Perangkat Daerah, ini akan betul-betul saya cek, sehingga nanti pada bulan Mei ketika RKPD dan Renja ditetapkan, usulan-usulan masyarakat ini, harus sudah diakomodir, karena sudah jelas posisi penganggarannya, mengingat RPJMD 2018-2023 berakhir pada tanggal 31 Oktober 2023, sambil menunggu RPJMD baru hasil Pemilukada 2024, maka ada dokumen RPD 2024-2026 dan RKPD yang menjadi pedoman bagi penyusunan APBD tahun 2024, 2025 dan 2026.

Lebih lanjut, sebagai dokumen perencanaan di tahun transisi, RKPD 2024 harus mengakomodir sejumlah kebijakan strategis. Baik dari sisi regulasi, maupun yang lebih penting dari sisi kebutuhan riil masyarakat. Untuk itu, beberapa penegasan penting perlu Saya sampaikan Isu Strategis Nasional sesuai RPJMN 2020-2024, masih perlu kita kejar, stunting, Kemiskinan Ekstrim, Major Project dan sejumlah kebijakan lainnya, masih harus terbawa sebagai prioritas di daerah, khususnya dalam perencanaan tahun 2024.

Perencanaan Tahun 2024 harus menetapkan isu stabilitas politik dan keamanan sebagai bagian integral dari keseluruhan agenda pembangunan Pemerintah Ohoi, Kecamatan sampai ke tingkat Kabupaten, semuanya harus mampu memastikan suasana kondusif terjaga dan stabil, tahun 2024 juga Kita masih diperhadapkan dengan upaya serius untuk pemulihan ekonomi. Salah satunya menjaga stabilitas inflasi. Inflasi terjaga adalah pekerjaan yang membutuhkan dukungan, sinergi dan kolaborasi semua unsur, harap Bupati.

Ungkapnya, inflasi di Maluku Tenggara sangat berkaitan dengan ketersediaan dan keterjangkauan bahan pangan, ketahanan pangan Lokal, harus dapat Kita pastikan merata diseluruh kecamatan dan untuk itu, inovasi dan kreativitas pemerintah desa dan masyarakat sangat diperlukan termasuk dalam tahun ini, telah dianggarkan untuk penyediaan Kebun Perbekalan Ve'e Kes'yang.

Lanjut Bupati, hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup dan sumber daya manusia. Pelayanan Pendidikan, Kesehatan dan penanggulangan kemiskinan, adalah hal-hal yang harus menjadi perhatian semua pihak, dalam hal penanggulangan kemiskinan, tahun 2022 Kita berhasil menekan angka kemiskinan dari posisi 22,73 persen pada tahun 2021, mampu ditekan menjadi 21,19 persen di tahun 2022 turun sebesar 1,54 poin, dan untuk pertama kalinya Maluku Tenggara mampu mencapai angka 21 persen. 

Dalam hal peningkatan kesejahteraan, diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tahun 2022 Maluku Tenggara mampu meningkatkan nilai IPM menjadi 66,88. Naik 0,55 poin dari posisi tahun 2021, untuk Kecamatan Kei Kecil, sebagai Kecamatan Ibukota Kabupaten Maluku Tenggara, maka fungsi pelayanan kota menjadi prioritas. tahun ini, kita sudah memulai dengan penataan Kota Langgur, intervensi untuk kawasan pemerintahan, kawasan Pasar Langgur, landmark dan kawasan kuliner Watwahan, serta penanganan kawasan kumuh perkotaan.

Ditambahkannya, bahwa semuanya dilakukan dalam tahun ini agar kita dapat mengubah wajah Kota Langgur selain sebagai pusat pelayanan, pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan jasa, Langgur sebagai Ibukota juga diarahkan menjadi pusat pelayanan keagamaan, masyarakat yang heterogen, terbuka serta menjadi simbol toleransi, Kota Langgur sesuai PP Nomor. (LK)
Maluku Tenggara 4415152796157796488

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC