Loading...

Bupati Bersama Masyarakat Watuar Lakukan Proses Pembuatan Sagu

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun melihat langsung ke lokasi proses pembuatan Sagu oleh warga masyarakat Ohoi Watuar Kecamatan Kei Besar, Kamis (26/01/2023).

Terlihat Bupati bersama rombongan menuju lokasi pembuatan sagu dengan mengendarai mobil yang tidak jauh dari Ohoi/Desa tersebut, pada kesempatan kunjungannya itu orang nomor satu daerah ini menyempatkan diri ikut melakukan proses pembuatan sagu bersama masyarakat setempat dengan menggunakan alat seadanya.

Bupati menjelaskan bahwa, sagu yang sedang dikerjakan oleh warga masyarakat Ohoi Watuar merupakan inisiatif dari Pejabat Ohoi, Siprianus Yanyaan sehingga proses pembuatan sagu bisa berjalan pada saat ini dan hasilnya akan dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari hari warga setempat.

Bupati berharap pula, kepada masyarakat supaya pembuatan sagu tersebut bukan saja  sebatas yang sering dibuat dan dikonsumsi sendiri atau dijual seperti saat ini tetapi sagu tersebut akan diolah dan dikemas dengan baik untuk dijual, dia juga meminta kepada Camat, agar segerah bersama PKK dapat membantu warga masyarakat Ohoi Watuar untuk mengolah sagu bukan saja sebagai pangan lokal tetapi dibuat menjadi cemilan atau kue dan makanan lainya untuk bisa dijual.

Masyarakat setempat bisa mengolah sagu seperti di Kota Ambon yang dikenal dengan sagu tumbuk dan di Dobo kepulauan Aru yang dikenal dengan Pom-pom yang dibuat dari sagu, pada kesempatan ini pula, mereka meminta mesin pengolahan sagu untuk menambah mesin yang sudah ada guna pembuatan sagu yang direncanakan akan diproses terus menerus untuk kemaslahatan mereka dan Bupati memerintah Pejabat Kepala Ohoi setempat agar segerah memintah kepada Pemkab Maluku Tenggara.

Usai pembuatannya, Bupati langsung memborong semua sagu yang telah diproses dan hasilnya tadi sebanyak 65 tumang dan dibagikan kepada semua rombongan yang berjalan bersamanya dari kepala dinas,Tni polri sampai pada wartawan membawanya sebagai ole-ole. (DS)
Maluku Tenggara 8529206344151517782

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC