Loading...

Tingkatkan Produktivitas Lahan, Dirjen Hortikultura Gelar Bimtek P2L Serta Diikuti Sejumlah Kelompok Tani di Kabupaten Malteng

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Sejumlah Kelompok Tani P2L Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan tujuan Peningkatan Ketersediaan Akses, Pemanfaatan Pangan dan Peningkatan Kesejahteraan Kelompok Tani Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Sabtu (10/12/2022).

Bimtek P2L yang diikuti sejumlah Kelompok Tani di Malteng dengan tujuan untuk Peningkatan Ketersediaan Akses, Pemanfaatan Pangan dan Peningkatan Kesejahteraan Kelompok Tani.

Bimtek ini diselenggarakan melalui Kerjasama Direktorat Jenderal Hortikultura Kementrian Pertanian (Kementan) dan Komisi IV DPR RI serta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Malteng yang dibuka langsung oleh Anggota Komisi IV DPR RI (Abdullah Tuasikal).

Tuasikal dalam sambutannya, mengharapkan Kelompok Tani bisa memanfaatkan Pekarangan disekitar Rumah atau Lahan Kosong yang tidak Produktif, untuk dimanfaatkan Kegiatan Budidaya berbagai Jenis Tanaman.

"Saya harap, Peserta yang mengikuti Bimtek P2L dapat mengetahui Materi yang disampaikan oleh Narasumber sehingga pada saat Pelaksanaan tidak berhasil harus berhasil," ungkap Tuasikal.

Tuasikal juga meminta kepada Peserta Bimtek P2L agar dapat memanfaatkan Lahan Pekarangan sebagai Lahan Tanaman Pangan menjadi Produktif.

Selain Pemanfaatan Lahan Pekarangan juga sebagai bentuk Usaha dalam menjaga Kecukupan Gizi Keluarga, serta memudahkan Akses untuk memperoleh Tanaman Pangan.

"Sementara itu, Arsyad Slamet Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Hortikultura Malteng katakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malteng merasa sangat beruntung, karena mendapat Alokasi Dana untuk Pengembangan P2L. melalui Kerja sama antara Direktorat Jenderal Hortikultura Kementan dan Komisi IV DPR RI maupun Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non-Fisik Kementan," ujar Arsyad.

Alokasi Anggaran yang suda dikucurkan oleh Pemerintah Pusat (Pempus) tersebut, membutuhkan Partisipasih Aktif dari para Penerima Bantuan terutama Petani dan para Penyuluh, agar dapat Berdaya dan berhasil guda meningkatkan Ketahanan Pangan di Daerah ini. (MCJ)
Malteng 9031912009397839090

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC