Loading...

Wearlilir Wakili Malra Pada Lomba Desa Tingkat Provinsi

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Ketua TP-PKK Maluku Tenggara, Ibu Eva Eliya Hanubun, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris PKK Fatma Talaohu  menjelaskan bahwa, Ohoi Wearlilir menjadi yang terbaik dalam Lomba Desa Pelaksana Terbaik 10 Program PKK dan mewakili Maluku Tenggara di Lomba Tingkat Provinsi Maluku tahun 2022.

Lanjut Ibu Eva bahwa Lomba Desa merupakan kegiatan rutin Tim Penggerak PKK yang berlaku secara berjenjang sampai tingkat Nasional dengan maksud meningkatkan partisipasi masyarakat dalam  pembangunan sekaligus wahana pemantauan, pembinaan serta evaluasi kegiatan PKK.

Kepada Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Ketua PKK Malra, Ibu Eva  menjelaskan bahwa kegiatan ini juga sebagai Langkah cepat dalam implementasi Program PKK  akan membawa perubahan signifikan bagi pembangunan keluarga sejahtera sebagai unti terkecil baik di Desa maupun Perkotaan.

PKK Maluku Tenggara selalu membangun kemitraan yang baik dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya untuk bersama-sama bisa mewujudkan keluarga sejahtera seperti ketahahan ekonomi keluarga.

Terkait penilaian ini Ketua PKK Malra ini mengatakan, bahwa penilaian yang dilakukan pada Sembilan Indikator dalam Asesmen internal yaitu Tertib Administrasi PKK dan Wearlilir sangat luar biasa Tata Administrasinya baik Kelompok Dasa Wisma sampai Ohoi. 

Kedua Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sejak tahun 2021 sampai periode Oktober 2022 tidak pernah ada KDRT, Ketiga Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Halaman Asri Indah dan Nyaman, Pelaku Hidup Bersih dan Sehat.

Sedangkan Indikator keenam yaitu Posyandutelah berjalan dengan baik, ketujuh pemanfaatan tanaman obat keluarga, kedelapan hipates, kesembilan Stunting tidak ada anak terkena stunting.

Oleh sebab itu, atas kemitraan berbagai pihak tersebut pada tahun 2022 dilakukan Revitalisasi Dasa Wisma sebagai Ketahanan Pangan Keluarga dengan memberikan bantuan bibit kepada kelompok-kelompok Dasa Wisma memenuhi syarat dan berkesinambungan memanfaatkan lahan lahan tidur disekitarnya baik pekarangan rumah maupun kebun-kebun Dasa Wisma.

Selain itu atas program ini membantu Pemda dalam mengendalikan Inflasi Daerah sehingga sudah dua tahun berturut-turut masuk lima besar Kabupaten/Kota terbaik di Indonesia. dengan penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). (Tim)
Maluku Tenggara 289496427887670875

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC