Loading...

Bupati Buka Kegiatan Pelatihan Edukasi Sampah

MALRA, MALUKU CHANNEL ONLINE - Bupati Malra M. Thaher Hanubun menyampaikan bahwa, anomali cuaca yang sering terjadi menyebabkan bencana alam, banjir, longsor, gagal panen, penyakit musiman malaria serta kerusakan tanah akibat limbah.

Hal tersebut  disampaikan Bupati Malra  M. Thaher Hanubun pada kegiatan edukasi pengelolaan sampah oleh Pemkab Malra yang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK berlangsung di Langgur, Kamis (13/10/2022).

lanjut Bupati Thaher, anomal cuaca tersebut merupakan merupakan perubahan adanya peningkatan gas rumah kaca yakni nitrogen dioksida, sulfur oksida, carbon monoksida, carbon dioksida yang dihasilkan oleh aktifitas manusia.

Selain itu, ada juga penggunaan peralatan pendingin yang masih menggunakan CFC, membuka kebun baru dengan cara membakar, membakar sampah serta serta pengelolaan limbah tanpa menggunakan Ipal.

"Sumber gas rumah kaca adalah sampah rumah tangga yang di sebabkan oleh sisa makanan, potongan daging/carcass sehingga tidak di tangani maka akan menyebabkan bau dan menurunya nilai estetika bahkan menyebabkan penyakit," ungkapnya.

Bupati Thaher katakan, penanganan sampah ini bukan hanya daging, sisa makanan dan sayuran jika tidak di tangani juga dengan baik maka akan mengahsilkan bau, sehingga menunjukan adanya gas rumah kaca atau sulfur oksida.

Bupati Thaher menganjurkan dengan cara untuk mengatasi sampah rumah tangga yang baik adalah dengan menggunakan 3 cara yakni: Recycle (daur ulang) Reuse (gunakan kembali) dan Reduce (pengurangan).

Pemkab Malra bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK dengan menggandeng Remaja Jemaat GPM Anugrah Ngurbloat.

"Ini merupakan edukasi bersama Tim KKN UGM di Ohoi Dian Pulau, Dian Darat, masyarakat Ohoidertawun SD Letman serta sekolah yang berwawasan lingkungan atau sekolah Adiwiyata," 

Pada kesempatan itu Bank Modern Langgur memberikan bantuan 90 unit tempat sampah, 90 cerokan sampah senilai Rp 78.000.000, sementara dari Bank Negara Indonesia (BNI) berupah sekop dan serok senilai Rp 2.500.000, sapuh lidi sebanyak 198 buah, garuh sampah 8 buah yang di serahkan langsung oleh Bupati Malra kepada pegawai kebersihan secara simbolis.

Bupati Thaher berharap, dengan adanya kegiatan edukasi tersebut dapat memberikan pemahaman terhadap penanganan sampah rumah tangga yang baik dan benar serta produk pengeloaan sampah yang berguna untuk kehidupan kita. (DS)
Maluku Tenggara 10109704507541508

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC