Loading...

Kontingen Pesparani Kabupaten MBD & KKT Disambut Secara Adat Kei Oleh Panitia

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Tiba dengan KM Sabuk Nusantara 71 pukul 16.00 WIT, Rombongan Pesparani ke IV Tingkat Provinsi Maluku asal Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar disambut secara meriah oleh Panitia di Dermaga Yos Soedarso Tual, Kamis (22/09/2022).

Rombongan asal Kabupaten Maluku Barat Daya yang Datang sebanyak 54 Peserta dan Official ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah MBD Alfons Siamiloy beserta beberapa OPD.

Begitu pula Kontingen asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang datang dengan Kekuatan Penuh dan akan mengikuti semua mata lomba ini berjumlah 171 Peserta dengan target Juara Umum.

Kedua Kontingen asal Bumi Duan Lolat dan Kalwedo ini selanjutnya diterima secara Adat Kei oleh Raja Dullah dan Raja Ohoitahit dengan Percikan Air Kelapa sebagai tanda bahwa kedua Kontingen selama berada di Kepulauan Kei senantiasa dijaga oleh para Leluhur.

Ketua Umum Pesparani Ke-IV Tingkat Provinsi Maluku A. Yani Renuat dalam sambutannya katakan bahwa Masyarakat adat Kepulauan Kei dan KKT serta MBD adalah Satu Darah yang Tidak dapat dipisahkan sebab ketiga Kabupaten Kota ini berasal dari Satu Nenek Moyang sehingga kedatangan Rombongan Pesparani dari KKT dan MBD ibarat Pulang ke Rumah sendiri.

Untuk itu, Renuat yang juga Sekretaris Daerah Kota Tual ini mengajak Masyarakat Kota Tual untuk bersama sama Pemerintah Daerah mensukseskan perhelatan ini sebab kegiatan ini sekaligus sebagai ajang pembuktian Bahwa Tual sebagai Kota dengan Tingkat Toleransi Terbaik Nomor 2 Se-Indonesia bukan sekedar basa basi," tutup Renuat.

Upacara penyambutan Kedua Kontingen ini selain dihadiri oleh Wakil Walikota, juga dihadiri oleh Kapolres Tual dan Pastor Paroki Tual serta dibanjiri oleh Masyarakat KKT dan MBD Domisili Tual dan Malra yang berhimpun dalam organisasi Urayana dan Kalwedo. (MCS)
Tual 3237353846017561775

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC