Loading...

Kadis Dikbud Kota Tual Lepas 16 Pramuka Penggalang Asal Kota Tual Ke Jamnas XI di Cibubur

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Pelaksanaan Jamnas XI yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan akan ditutup oleh Wapres Maaruf Amin.

Pembukaan Jamnas ini sekaligus memperingati Hari Pramuka Ke-61. Jambore Tingkat Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali.

Pada Jambore Nasional XI Tahun 2022 ini sekaligus mengangkat tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai salah satu sasaran yang ingin dicapai.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan akan dikenalkan kepada Peserta Jamnas XI melalui "Kampung Pengembangan Global Berkelanjutan" atau Sustainable Global Development Village (SGDV).

Kegiatan dalam SGDV memiliki Korelasi dengan tercapainya tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Melalui SGDV, diharapkan Pramuka Penggalang memahami tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan memicu Kesadaran mereka tentang tanggungjawab Global untuk mewujudkannya.

Demikian Penjelasan Kepala Dinas Dikbud Kota Tual saat melepas Keberangkatan 16 Peserta Jamnas XI Pramuka Penggalang asal Kota Tual dipelataran Kantor Dinas Dikbud, Rabu (27/07/2022).

Tamher katakan, Pertemuan Penggalang Nasional yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur (Jatim) dengan Tema: Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi tersebut setidaknya akan diisi dengan 8 Jenis Kegiatan.

Adapun kedelapan Jenis Kegiatan tersebut meliputi:

1. Ketrampilan Kepramukaan Tema Kegiatan : Trampil, Tangkas dan Tangguh. Trampil : Life Skills, Cinta Alam dan Hewan, Handicraft, Pemanfaatan Bambu, Woogling Tangkas : Memanah, Lampar Pisau, Jungle Survival, IMPK, Masak Rimba Tangguh : High Rope Activities, Rapling, Wall Climb, Halang Rintang.

2. Teknologi Kepramukaan dalam Kehidupan Sehari hari serta Cinta Budaya Bangsa meliputi Pengenalan Kegiatan Kepramukaan WOSM, Kwarnas Pramuka, dan WAGGGS. Teknologi Kepramukaan dalam Satuan Karya Pramuka Pengenalan Seni dan Budaya : Tarian, Karawitan, Musik, Arkeologi dan Kepariwisataan.

3. Kampung Pengembangan Berkelanjutan Pembangunan Sosial (1,2,3,4&5) Pembangunan Ekonomi (7,8,9,10&17) Pembangunan Lingkungan (6,11,12,13,14&15) Pembangunan Hukum dan Tata Kelola (16).

4. Kampung Digital dan Komputasi Awan Coding E-Sport Literasi Digital Pemanfatan Sosial Media.

5. Petualangan Air. Kegiatan Air Berkelompok - Kano, Kayak, Tenda Apung, Kegiatan Air Individu - Berenang, Diving, Scuba. Tantangan Air - Memancing, Splash Teknologi dan Ketrampilan Air - Roket Air, Hitung Kualitas Air.

6. Wisata Edukasi, Perkuat Persatuan untuk Kebangsaan untuk Generasi Emas 2045. Kunjungan Edukasi ke Istana Presiden (TBC), Museum, Kantor Pemerintahan Pusat & Daerah Wisata Budaya.

7. Perayaan & Festival Tema Kegiatan : Unity and Diversity, Karnaval Budaya Malam Selamat Datang Malam Cibubur Malam Nusantara Malam Budaya Betawi Malam Tebar Bintang Sub Kemah Festival Kuliner Nusantara.

8. Rutin & Keagamaan Tema Kegiatan : Spiritual dan Patriotisme. Permainan Kebangsaan Doa Lintas Agama. Keagamaan Patriotisme Forum Penggalang "Pramuka & SDG’s" Perayaan Sub Kemah Prosesi Tutup Sub Kemah.

"Para Peserta yang Mewakili Kota Tual tersebut terdiri dari para Siswa SMP yang telah Mengikuti Seleksi secara Ketat dan berhak Mewakili Kota Tual ke Bumi Perkemahan Cibubur," tutup Tamher. (MCS)
Tual 2382576281479196941

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC