Loading...

Danlantamal IX Ambon Gelar Dialog Bersama Masyarakat Maritim Kota Tual

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Kunjungan Kerja (Kunker) Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina ke Wilayah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Senin (18/04/2022) adalah untuk melihat secara langsung Aktivitas Penangkapan Ikan oleh para Nelayan.

Selain itu, Kunjungan ini sekaligus untuk Mensosialisasikan Program Pemerintah tentang Kebijakan Penangkapan Ikan secara Terukur yang akan diberlakukan dalam waktu dekat, dimana Kebijakan tersebut juga akan diberlakukan kepada para Nelayan Tradisional/Lokal yakni Kebijakan tentang Kuota Penangkapan dan Wilayah Tangkapan yang telah diatur oleh Peraturan Pemerintah.

Hari kedua Danlantamal IX Ambon bersama Rombongan bertemu muka sekaligus Mengadakan Dialog dengan Masyarakat Maritim dan para Nelayan Lokal dan Pengusaha Perikanan serta Koperasi Nelayan yang dipusatkan di Desa Ngadi Kecamatan Dullah Utara Kota Tual, Selasa (19/04/2022).

Dalam Kegiatan tersebut, Danlantamal IX Ambon memberikan Arahan secara Langsung kepada para Nelayan tentang pentingnya Keselamatan dan Keamanan di laut, dimana Kepulauan Kei yang terdiri atas Dua Kabupaten/Kota yakni Maluku Tenggara masuk sebagai Kawasan Perbatasan dan Kota Tual yang Wilayahnya 78 persen adalah Laut. sehingga, sebagian besar Masyarakat  Berprofesi sebagai Nelayan baik Tradisional maupun Semi Modern.

Masyarakat Maritim dan Nelayan adalah Mitra dari TNI-AL (Angkatan Laut) dalam hal ini Lantamal IX Ambon maupun Lanal Tual.

Sehingga, diharapkan Kerjasama yang Harmonis dalam Memberikan Informasi-informasi tentang adanya Pelanggaran yang terjadi di laut. sehingga, dapat diantisipasi dan dilaksanakan Penanganan secara cepat.

Sebab Nelayan adalah Mata dan Telinga bahkan menjadi Intel dari pada TNI-AL.

"Danlantamal IX menekankan bahwa, TNI -AL akan selalu Siap Menjaga Keamanan Wilayah Perairan Indonesia serta Siap Mendukung dan Membantu Program Pemerintah di Bidang Kemaritiman dan Kelautan," ungkap Jenderal Bintang Satu ini.

Disamping melihat secara langsung Aktivitas para Nelayan, Brigjen Latuconsina juga Mendapat Masukan dari para Nelayan Lokal yang Mengeluh tentang tingginya Harga BBM. sehingga, Ikut Mempengaruhi Pendapatan para Nelayan.

"Perwira Tinggi Satu Bintang ini Berjanji akan Meneruskan Keluhan para Nelayan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku maupun Pemerintah Pusat (Pempus) untuk dicarikan Solusi bagi Kelangsungan hidup para Pencari Nafkah disektor Kelautan," tutup Danlantamal IX Ambon. (MCS)
Tual 4852311778036873739

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC