Loading...

Bappeda Kota Tual Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2023

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bappeda Kota Tual kembali Menyelenggarakan Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2023 yang digelar di Baileo Maren pada Areal Taman Kota, Kamis (24/02/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh OPD, Pimpinan DPRD serta Pemangku Kepentingan ini dibuka oleh Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, SE.

Dalam sambutannya Tamnge katakan, Penyusunan Rencana Awal RKPD Kota Tual Tahun 2023 ini merupakan tahun keempat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintahan Kota Tual Tahun 2018 - 2023.

"Dalam Rangka mengupayakan Pencapaian Visi Pemerintah Kota Tual, oleh karenanya Penyusunan RKPD tahun 2023 harus lebih Cermat serta mampu Menjawab  Permasalahan dan Tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah secara cepat, tepat dan Prosedural," ungkap Tamnge.

Melalui Konsultasi Publik ini diharapkan Rancangan Awal RKPD Tahun 2023 dapat ditelaah dan dipertajam bersama-sama dalam Forum ini untuk menuju Fokus/Tema yakni: "Optimalisasi Pemulihan Ekonomi Dan Pemerataan Infrastruktur Dasar".

Selain itu, sebagaimana Amanat Undang-Undang 25 Tahun 2004 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, Proses Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Dilaksanakan Bersama-sama Antar Seluruh Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan sehingga Terjadi Sinkronisasi Antara Dokumen Rancangan Awal RKPD Dengan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah.

"Kami berharap dapat tercipta Sinergitas antara Perencanaan Pembangunan Nasional, Provinsi dan Kota, Rancangan Awal RKPD Kota Tual Tahun 2023," ucap Tamnge.

Pelaksanaan Konsultasi Publik ini diharapkan menjadi Media bagi Penguatan Komitmen seluruh Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam upaya menjaga Konsistensi antara Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan dan Pengawasan.

RKPD Merupakan Bagian yang tak terpisahkan dari tahapan Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD).

RKPD juga menjadi Pedoman dalam Penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2023.

"Apalagi adanya MCP KPK (Monitoring Centre For Prevention) Mendorong Daerah untuk menjaga Kesinambungan antara Perencanaan dan Penganggaran, sehingga Proses ini harus kita pastikan berjalan sesuai tata waktu dan aturan yang berlaku," ujar Tamnge.

Tamnge berharap, melalui Forum diskusi ini, akan ada Masukan dan Saran Positif serta Konstruktif dari Peserta Forum Konsultasi Publik sebagai Bahan bagi Penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Tahun 2023 dan pada akhirnya hasil Rancangan Awal RKPD Tahun 2023 mampu Mensinergikan berbagai Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan dengan Memprioritaskan Kebutuhan Masyarakat serta Pendukung Suksesnya Pembangunan di Kota Tual.

Kegiatan yang disinkronisasi dengan Tema RKP 2023 yakni: "Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan" serta RPJPD - RPJMD (2019 - 2024 ) yakni: "Mewujudkan Kota Tual sebagai Kota Kepulauan yang ditujukan untuk Menciptakan Kondisi Perekonomian yang Kokoh dan Terpelihara Berlandaskan Komoditas Unggulan Terutama Potensi Kelautan dan Perikanan yang Kompetitif serta Masyarakat yang Sejahtera". (MCS)
Tual 1056235680314000251

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC