Loading...

Cabang Dinas Dikmen & Diksus Kota Tual Dan Malra Gelar Diklat Penguatan Manajemen Kepsek SMA-SMK Se-Kota Tual Dan Maluku Tenggara

TUAL, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bertempat di SMK Pariwisata St Theresia Langgur, Kamis (21/10/2021) Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kota Tual serta Maluku Tenggara Menggelar Diklat Manajemen bagi para Kepala Sekolah, Operator dan Bendahara SMA-SMK Se-Kota Tual dan Maluku Tenggara.

Kegiatan yang menghadirkan 3 Narasumber sebagai Pemateri masing-masing DR. Patris Rahabav,M.Si, DR. Alwi Smith,M.Si dan Lantara Habir,S.Pd, MMP.d ini diikuti oleh 137 Peserta yang terdiri dari Sekolah yang Menengah Atas dan Kejuruan yakni Kota Tual sebanyak 54 Peserta (10 SMA + 6 SMK), Maluku Tenggara (18 SMA dan 4 SMK).

Kepala Cabang Dinas Dikmen dan Diksus Kota Tual, Samsudin Rumaf kepada Media ini Katakan, kegiatan ini sesuai dengan amanat UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tentang Pendanaan Pendidikan serta Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

"Sehingga peserta Diklat diharapkan mampu mewujudkan Program Mendikbudristek seperti saat ini dimana pemerintah dengan penuh semangat walau masih ditengah Pandemi Covid-19 untuk selalu mewujudkan pendidikan yang lebih baik Di bawah Program besar Merdeka Belajar, sedikitnya ada 12 Program Prioritas yang sudah dan tengah digojlok Kemendikbudristek," ungkap Rumaf.

Program tersebut antara lain: Transformasi pembiayaan pendidikan, Digitalisasi pendidikan dan bantuan kuota internet, Penguatan karakter, Peningkatan prestasi, dan manajemen talenta, Penguatan pendidikan vokasi, dan kampus merdeka.

Program prioritas berikutnya adalah: Pemajuan kebudayaan, Pengembangan bahasa dan sastra, Kurikulum, Asesmen dan Perbukuan, Transformasi dan peningkatan kapasitas sekolah, Transformasi dan peningkatan kapasitas guru, Program respons Pandemi Covid-19 serta Program afirmasi Papua dan Papua Barat.

Di samping itu, Kemendikbudristek juga melaksanakan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan DAK nonfisik bidang pendidikan.

Tentunya, seluruh kebijakan transformatif tersebut bertujuan untuk membantu Pendidik, Peserta didik, dan Satuan pendidikan meningkatkan akses dan mutu pendidikan, memperkuat pendidikan karakter pada setiap jenjang pendidikan, serta mengembangkan prestasi peserta didik.

Singkatnya, semua itu dilakukan demi pendidikan yang lebih unggul dan berkeadilan bagi segenap masyarakat Indonesia.

Merdeka Belajar Episode 6 menekankan pada transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi.

Episode 7: Sekolah Penggerak.
Episode 8: SMK Pusat Keunggulan.
Episode 9: Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.
Episode 10: Perluasan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
Episode 11: Kampus Merdeka Vokasi.
Episode 12: Sekolah Aman Berbelanja bersama SipLah.
Episode 13: Merdeka Berbudaya dengan Kanal Indonesiana.

"Sehingga kegiatan yang saat ini berlangsung merupakan salah satu dari mimpi besar Pak Menteri dalam memajukan Dunia Pendidikan khususnya Provinsi Maluku, Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual," ujar Rumaf.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini (21-24 Oktober 2021) pendanaanya bersumber dari Dana Bosnas dan BOPP masing-masing Satuan Pendidikan. (MCS)
Tual 7307436028636880547

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC