Loading...

Bupati Malteng Hadiri Pelantikan Adat Upulatu Inta Lilipory Kalapessy Negeri Soahuku

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bupati Maluku Tengah Hi. Tuasikal Abua, SH dan Ny. Hj. Amien Ru'ati Tuasikal, selaku Tokoh Pemuda Kehormatan Negeri Soahuku, menghadiri Pelantikan Adat Upulatu Inta Lilipory Kalapessy Negeri Soahuku.

Salmon W. Tamaela, dilantik sebagai
Upulatu Inta Lilipory Kalapessy Negeri Soahuku melalui prosesi adat yang telah berlangsung dengan tertib, lancar, dan sukses. Kamis (21/10/2021).

Di kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tengah. Tuasikal Abua, dalam sambutannya mengatakan bahwa, atas Nama Pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah Saya mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya acara ini, sebagai wujud nyata pelestarian tatanan adat dalam melahirkan figur seorang pemimpin di Negeri Soahuku, sekaligus meneguhkan eksistensi Negeri Soahuku sebagai salah satu Negeri adat di Kabupaten Maluku Tengah. 

"Melalui momentum yang berharga ini, patut saya menyampaikan Apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Negeri dan seluruh masyarakat Negeri Soahuku, karena kecintaan dan kepedulian masyarakat yang dilakukan melalui tradisi Pelantikan adat Raja disaat ini sebagai suatu prosesi identitas tradisional dalam upaya untuk melestarikan tradisi adat dan hukum adat yang berlaku di Negeri ini," ungkapnya.

Tuasikal menambahkan bahwa, dengan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap penobatan dan pelantikan Raja secara adat ini, diharapkan warisan adat dalam Pemerintahan lokal yang dipelihara secara turun temurun nantinya dapat berfungsi merawat identitas adat dan sosial budaya di Negeri serta melahirkan anak-anak Negeri yang memahami dan menghargai sejarah asal usul, dan adat istiadat yang masih hidup dan diakui oleh Negara dalam berbagai aturan hukum yang mengakomodir dan melegalkan hukum adat dalam penyelenggaraan Pemerintahan Negeri.

Masyarakat adat Negeri Soahuku,harus terus menjaga dan melastarikan warisan leluhur dan tradisi adat yang ada di Negeri demi mencapai keharmonisan, kearifan lokal, kedamaian dan kesejahteraan masyarakat. 

Tugas dan tanggungjawab selaku penanggungjawab penyelenggaraan Pemerintahan di Negeri, maka Saya berharap kepada saudara Salmon W. Tamaela, S.Sos selaku Kepala Pemerintah Negeri Soahuku, agar selalu mengutamakan kepentingan masyarakat dan Negeri yang benar-benar dilakukan dengan tulus dan niat baik untuk memajukan masyarakat dan negeri ini, dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Untuk itu, kita semua selalu bekerjasama dan bergandeng tangan, bahu membahu, saling menghargai dan menghormati, memantapkan ikatan kekeluargaan sebagai orang basudara serta terus mengembangkan semangat kebersamaan dalam upaya membangun Kabupaten Maluku Tengah yang kita cintai bersama.

"Saya bersama Ny. Hj. Amien Ru'ati Tuasikal, selaku Tokoh Pemuda Kehormatan Negeri Soahuku, mengucapkan selamat dan sukses kepada saudara Salmon W. Tamaela, sebagai Upulatu Lilipory Kalapessy Raja Negeri Soahuku yang telah dilantik melalui prosesi adat di hari ini," tutupnya. (MCJ)
Malteng 2005482876925340647

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC