Loading...

Pemprov Jatim Dapat Tambahan Kuota Pendaftaran CPNSD Formasi 2021

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
SURABAYA, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Setelah tertunda selama satu bulan akhirnya Pemerintah Kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sekaligus Rekrutmen Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mulai hari ini, Rabu (30/06/2021) hingga 21 Juli 2021.

Sesuai Data yang diterima Media ini, dari Badan Kepegawaian Negara Banyak peluang dalam seleksi ASN tahun 2021 ini. Sebab, tak kurang dari 701.590 formasi secara Nasional dibuka tahun ini.

Pemprov Jatim sendiri mendapat tambahan Kuota dari Formasi Tahun Lalu yakni  mencapai 13.496 lowongan.

Kemenpan-RB melakukan perubahan dengan memberi tambahan kuota CPNS dari yang semula 1.390 Formasi menjadi 1.408, terdiri dari 1.365 Formasi Umum, 28 Formasi Disabilitas dan 15 Formasi Cumlaude.

Pemprov Jatim, juga membuka formasi untuk PPPK jabatan fungsional guru sebanyak 11.220 formasi. Untuk PPPK Non Guru terbuka kesempatan sebanyak 868 formasi berkurang dari penetapan kuota awal sebanyak 886 formasi.

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kesempatan mengikuti seleksi ASN, baik CPNS maupun PPPK terbuka bagi siapa saja.

Semua proses  pendaftaran dilakukan secara daring melalui website https://sscasn.bkn.go.id/.

"Seluruh prosesnya serba Online dan serba transparan. Menurut Khofifah, calon pelamar jangan percaya dengan pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang menjanjikan dapat meloloskan seseorang pada proses penerimaan ini," ungkapnya.

Selain membuka Pendaftaran untuk Pelamar S1 dan S2, Pemprov Jatim juga membuka lowongan untuk  lulusan SMK dengan Kualifikasi khusus sebanyak 127 formasi CPNS dan 36 formasi untuk PPPK sebagai upaya penguatan dalam Birokrasi Dilingkup Pemprov Jatim.

Lebih lanjut Khofifah katakan, tahun ini jabatan Fungsional Guru Dibuka banyak Formasi pada Skema PPPK.

Hal ini diharapkannya menjadi jawaban dari Pemenuhan dan Pemerataan Kebutuhan Guru di Jatim.

Dari 11.220 Formasi PPPK Guru tersebut akan disalurkan pada 407 lembaga Pendidikan yakni SMA-SMK sebanyak 298 serta 45 lembaga Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK).

"Kalau tahun-tahun sebelumnya kita selalu Memprioritaskan Distribusi Guru di daerah terpencil dan kepulauan, saat ini pemerataan bisa dilakukan hingga ke sekolah-sekolah di perkotaan," tutur Mantan Menteri Sosial.

Sementara itu Ketua Panitia Seleksi Daerah ASN Pemprov Jawa Timur, Heru Tjahjono menambahkan, perubahan Formasi terjadi karena adanya penambahan di beberapa jabatan teknis, yakni jabatan pekerja sosial. 
Ketetapan ini merupakan kebijakan langsung dari Kemenpan-RB.

"Dalam situasi yang masih Pandemi Covid-19 ini,  tentu Kami akan mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) dalam Proses Seleksi. Termasuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang Berbasis CAT (Computer Assisted Test) yang akan dilakukan secara bergelombang sehingga tidak terjadi Penumpukan Peserta di lokasi tes," ucap Heru Yang Juga Plh Sekda Pemprov Jatim.

Heru juga katakan, jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dimulai pada 25 Agustus hingga 4 Oktober 2021, 
Sedangkan untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan mulai 8 s/d 29 November 2021. 

Untuk itu, Heru menghimbau agar setiap Calon Peserta dapat mempersiapkan dirinya dengan baik dalam menghadapi Tes nanti. (MCS)
Nasional 6681311671955590846

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC