Loading...

Bupati Malteng Dampingi Wakil Menteri ATR/BPN RI, Saat Berkunjung Ke-Kecamatan TNS

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bupati Maluku Tengah. Tuasikal Abua,SH mendampingi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI. Surya Tjandra, saat berkunjung Ke-Kecamatan Teon Nila Serua (TNS), Kabupaten Maluku Tengah. Selasa (23/02/2021).

Pada kesempatan ini pula, Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berkenaan dengan kedatangan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah dan secara khusus seluruh masyarakat Kecamatan TNS.

Menyampaikan rasa hormat Kami karena, lewat perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI, sehingga dihari ini Pemerintah Daerah Maluku Tengah dan Masyarakat TNS dapat bertatap muka dengan Bapak Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

"Saya yakin, melalui Kunjungan Kerja Bapak Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia saat ini tentu saja merupakan momentum strategis dan sangat penting untuk memberikan harapan dan solusi kepada Pemerintah Daerah dan khususnya masyarakat Teon Nila Serua dalam upaya menyelesaikan berbagai permasalahan agraria di negeri ini," ungkapnya.

Tuasikal, dalam penjelasannya bahwa ada beberapa hal penting terkait kondisi masyarakat dan permasalahan sektor agraria di Kecamatan TNS, sebagai berikut:

- Kecamatan Teon Nila Serua merupakan salah satu dari 18 Kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah yang memilik 17 Negeri adat.

- Masyarakat Teon Nila Serua merupakan masyarakat yang dievakuasi dari Pulau Teon, Nila dan Serua tahun 1978 kemudian ditempatkan di wilayah yang batas-batasnya tidak jelas karena tidak diikuti oleh peta katografi.

Sehingga masyarakat membutuhkan kejelasan terhadap batas-batas wilayah yang dibuat sesuai standar peta topografi.

- Masalah agraria yang paling menonjol juga yaitu tidak ada pemberian kompensasi ke 4 Negeri yaitu Negeri Makariki, Sepa, Amahai dan Haruru terhadap tanah yang telah diberikan kepada masyarakat TNS yang dievakuasi sebelum adanya pergantian hak-hak perseorangan.

Selanjutnya, ditemui juga ada masalah 57 buah sertifikat milik masyarakat TNS yang diserahkan kepada Dinas Pertanian Provinsi Maluku sebagai bahan jaminan di Bank BNI untuk mendapatkan bantuan pertanian, namun sampai sekarang sertifikat tersebut hilang dan tidak dikembalikan

Menyikapi beberapa hal tersebut maka melalui kesempatan ini tentunya kita semua berharap Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang, mampu menjawab berbagai permasalahan agraria di daerah ini sebagai upaya bersama mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Sementara itu, Wakil Mentri ATR/BPN RI. Surya Tjandra, menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik dalam rangka menyukseskan agenda kunjungan kerja yang dilakukan dan semoga dalam kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat TNS dan Saya, mengapresiasi atas kerja sama yang baik dalam mensukseskan kegiatan kunjungan kerja yang saya lakukan di Kecamatan ini. (MCJ)

Malteng 3327764227243387098

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC