Loading...

Turun Langsung Ke Seram Utara Bupati Malteng Meninjau Penanggulangan Covid-19, Sekaligus Panen Padi Farietas Unggul

MASOHI, MALUKUCHANNELONLINE.COM - Bupati Maluku tengah (Malteng) Hi. Tuasikal Abua,SH turun langsung dan meninjau penanggulangan dan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di tiga Kecamatan di Seram utara yakni Kecamatan Seram Utara, Kecamatan Seram Utara Kobi dan Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, peninjawan ini dilakukan di hampir seluruh di Desa/Negeri yang ada, yang mana difokuskan untuk pencegahan serta penanganan dan Pemberlakuan protokol kesehatan, Kamis (09/07/2020)  Pekan kemarin.

Penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di tiga Kecamatan Seram Utara Kabupaten Malteng itu berjalan lancar, yang mana semua Desa/Negeri yang dilalui rombongan Bupati Malteng, mulai dari Huaulu, Rumah sokat, Wahai, Pasahari, Kobisadar serta beberapa lainnya, dalam peninjawan ini terlihat pemasangan portal serta pos jaga yang diawasi petugas kesehatan ada serta aparat TNI dan Polri.

Bupati Maluku tengah, disela kunjungan kerjanya berkesempatan melakukan panen padi Farietas unggul, jenis Inpari IR Nutri Zinc diatas lahan seluas 1 hektar milik Qomar Z Petani Desa Waiasih Kecamatan Seram Utara Timur Kobi. Padi Fariates unggul yang dipanen Bupati Tuasikal Abua didampingi Sekda Rakib Sahubawa, Kadis Pertanian H Alamat, Camat Seram Utara Timur Kobi itu diperkirakan mampu menghasilkan 500-600 ton beras kualitas baik.

Pada kesempatan ini pula, Bupati Maluku tengah. Tuasikal Abua, kepada sejumlah Awak Media mengatakan bahwa, Saya sangat mengapresiasi keuletan Petani Sawah Desa Waiasih dan Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, yang mana ditengah Pandemi Covid-19 sedang melanda Dunia, namun petani tetap ulet melakukan aktivitasnya.

Petani Seram Utara telah berkontribusi memastikan roda ekonomi, aktivitas kerja petani tetap berjalan juga memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat di Malteng terutama ketersediaan beras.

"Tuasikal, menjelaskan bahwa Pandemi Covid-19 yang mana telah melanda Indonesia kurang lebih 4 bulan terakhir, telah mengakibatkan banyak permasalahan terjadi, termasuk melumpuhkan dunia kerja masyarakat. Banyak warga kehilangan pekerjaan serta lain sebagainya," ungkapnya.

Namun fakta produksi pertanian terutama beras yang hari ini dilakukan panen perdana tentu adalah wujud dari keuletan dan semangat kerja yang tinggi, sehingga meski harus melakukan penyesuaian dengan protokol kesehatan namun aktivitas petani tetap berjalan dan akhirnya menuai hasil yang membanggakan saat ini.

"Langkah ini sangat baik, petani lainnya perlu mencontohi sikap pak. Qomar dengan kelompok taninya yang tetap ulet melakukan aktivitas kerja ditengah dunia sedang terhimpit kesulitan akibat dihantam cobaan Virus yang mematikan saat ini, hal ini juga akan mendorong ketersediaan pangan serta memastikan jalanya roda ekonomi masyarakat," tambahnya.

Tuasikal, berkomitmen bahwa Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah akan terus mendukung usaha petani dalam menyediakan bahan pangan bagi masyarakat luas dan hal ini, Kami pastikan Pemerintah akan terus mendorong usaha pertanian di wilayah ini, terutama aktivitas petani sawah, mulai dari memastikan ketersediaan pupuk serta dukungan bantuan lainnya. (MCJ)
Malteng 6623024602409131719

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC