Loading...

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

AMBON, Malukuchannel.com - Prinsip portabilitas untuk program peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), dapat dirasakan saat mudik Lebaran. Karenanya, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir di saat libur Lebaran, karena berhak atas jaminan kesehatan selama libur Idul Fitri yang dimulai H-8 sampai dengan H+8.

Demikian keterangan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Afliana Latumakulita saat jumpa pers dengan wartawan di Aula Kantor BPJS Kesehatan Wailela Ambon, Senin (04/06/2018), dengan tema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan.

Menurutnya, sesuai dengan peraturan perundangan yang selama ini sudah berjalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama, dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Puskesmas, walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Mengingat sudah menjadi bagian kerja sama BPJS Kesehatan dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan tidak dipungut biaya apapun.

Selain itu, Afliana menghimbau kepada peserta JKN-KIS untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS, sebagai bukti masih menjadi peserta aktif dengan disiplin membayar iuran.

Sehingga status kepesertaannya tetap aktif dan pengecekan Iuran dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN, sekaligus juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat, yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan.

Dikatakan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama serta Dokter Praktek Perorangan), yang buka praktek pelayanan kesehatan, jika nantinya tidak ada FKTP.

Guna memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan telah meluncurkan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan, yang dapat didownload secara gratis di Google, yang didalamnya terdapat alamat kantor, mitra kerja, tanya jawab tentang BPJS Kesehatan, tips, lokasi penting, serta media social BPJS Kesehatan.        

Dalam jumpa pers tersebut hadir dua orang pejabat Rumah Sakit yang mewakili 26 Rumah Sakit di Maluku, 12 Rumah Sakit di Kota Ambon dan sekitarnya, serta yang mewakili Kadis Kesehatan Provinsi Maluku.

Oknum pejabat Rumah Sakit tersebut yakni, Ongky Mayaut dari RSUD Dr. M. Haulussy dan Dr. Kris Relmasira dari Rumah Sakit Sumber Hidup Ambon, sedangkan yang mewakili Kadis Kesehatan Yoke Rahail.

Semuanya mendukung, membantu serta memfasilitasi program BPJS Kesehatan tentang Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan. (MC)
Kesehatan 227502955497386803

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

ORGANISASI PROFESI

TRENDING TOPIC