Loading...

Jelang Idul Fitri 1439 H, Satgas Pangan Terpadu Pantau Harga di Pasar

AMBON, Malukuchannel.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah dua pekan kedepan, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Terpadu Provinsi Maluku menggelar kunjungan ke pasar tradisional (pasar Mardika), ritel moderen Hypermart (Ambon City Center) dan gudang Distributor di Ambon-Maluku, Senin (04/06/2018).

Tujuannya, untuk memantau ketersediaan kebutuhan masyarakat akan sembilan bahan pokok (Sembako), serta harga sembako menjelang hari raya Idul Fitri.

Hadir dalam kunjungan tersebut Staf Ahli Menteri Perdagangan RI Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto, Ketua Satgas Pangan Promal Kombes Pol. Firman Nainggolan, Kadis Perindag Maluku Elvis Pattiselano, SE. M.Si, Kepala KPw BI Maluku Bambang Pramasudi dan Kadis Perindag Kota Ambon.

"Yang terlibat dalam kunjungan Satgas Pangan Terpadu yakni; Kepolisian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Promal dan Kota Ambon, Dinas Pertanian Promal, Dinas Ketahanan Pangan Promal dan Kota Ambon, KPw BI Maluku, Bulog Maluku, Balai POM dan Karantina.

Staf Ahli Menteri Perdagangan RI Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto mengatakan, kunjungan Satgas Pangan Terpadu ini sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang dilakukan terdahulu dengn Pemprov Maluku, seluruh Distributor dan Pelaku usaha yang ada di Ambon.

Komitmen dalam pertemuan itu adalah dalam rangka menghadapi hari raya Idul Fitri, pemerintah pusat, daerah dan para pelaku usaha, sepakat untuk menjaga stabilitas harga sembako bagi masyarakat di Ambon-Maluku.

Menurut Suhanto, dari hasil kunjungan ini tidak terjadi kenaikkan harga bahkan, beberapa komoditi mengalami penurunan harga seperti Bawang Putih dari Rp.45 ribu/kg menjadi Rp.38 ribu/kg, Cabe Rawit dari Rp.45 ribu/kg menjadi antara Rp.25 sampai 30 ribu/kg, Telur per butir Rp.1.800.

Kecuali komoditi telur harganya agak naik karena ada sedikit kendala teknis soal pembongkaran dari kapal.

Terkait kondisi ini maka Dirkrimsus Polda Maluku Kombes Pol. Firman Nainggolan sebagai Ketua Satgas Pangan Promal, akan berkoordinasi dengan PT. Pelindo Cabang Ambon sehingga pembongkaran Telur dipercepat.

Suhanto menghimbau kepada masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya untuk tidak kuatir, karena semua kebutuhan bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri terkendali, dan

"Pemerintah hadir pada saat dibutuhkan, tentu melakukan koordinasi dengan pelaku usaha sebagai ujung tombak termasuk Bulog.

Dikatakan, semua beras di pedagang pasar masih dibawah HET baik beras dari Bulog maupun beras non Bulog. Prinsipnya Pemerintah tidak memaksa pedagang untuk menjual

Beras Bulog, yang penting pedagang meyediakan beras Medium dengan harga maksimum HET yang ditentukan oleh Pemerintah. (MC)
Daerah 7072535130254470279

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

IKLAN

TRENDING TOPIC